Serat Bahan Alam (Serat Hewan) dan Serat Buatan (Serat Rayon)


Perkembangan teknologi telah berhasil mengembangkan berbagai macam aplikasi yang berasal dari serat. Dari mulai kebutuhan pakaian hingga kemewahan dan kenyamanan lainnya. Serat bisa dikategorikan dan penjabaran sebagai berikut:

A.      Serat Alami
Serat alami digolongkan dari serat yang diproduksi oleh sumber daya alam yang ada dalam seputar kehidupan kita seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan proses geologis lainnya. Serat jenis alami memiliki sifat yang bisa mengalami pelapukan.
Serat Hewan

Jenis serat ini biasanya terbentuk karena susunan protein-protein tertentu. Salah satu contoh serat hewan yang sangat berhubungan dengan manusia terutama tekstil adalah serat ulat (sutera) dan serat bulu domba (wol).
  
B.       Serat Buatan
Serat ini merupakan serat yang dibuat oleh manusia dan memiliki beberapa jenis serat yaitu:
Serat Rayon

Rayon merupakan serat buatan yang paling awal dibuat, memiliki faktor yang terpenting untuk keberhasilan pemasaran serat rayon adalah harga yang murah dan dapat dipergunakan untuk membuat kain yang bagus dengan warna menyerupai wol, sutera ataupun linen. serat rayon pertama kali dibuat untuk membuat kain pakaian jenis krep atau menyerupai linen. serat rayon ada bermacam-macam yaitu serat rayon viskos, serat rayon kupramonium, serat rayon modulus, serat rayon kekuatan tinggi, serat polinosic. Jenis serat rayon yang dapat digunakan sebagai kain untuk busana anak, yaitu serat rayon viskosa dan rayon kuproamonium.

Serat Bahan Alam (Serat Hewan) dan Serat Buatan (Serat Rayon) Serat Bahan Alam (Serat Hewan) dan Serat Buatan (Serat Rayon) Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Friday, July 27, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.