Serat Bahan Alam (Serat Tumbuhan atau Serat Pangan) dan Serat Buatan (Serat Polimer)

Perkembangan teknologi telah berhasil mengembangkan berbagai macam aplikasi yang berasal dari serat. Dari mulai kebutuhan pakaian hingga kemewahan dan kenyamanan lainnya. Serat bisa dikategorikan dan penjabaran sebagai berikut:

A.      Serat Alami
Serat alami digolongkan dari serat yang diproduksi oleh sumber daya alam yang ada dalam seputar kehidupan kita seperti tumbuh-tumbuhan, hewan, dan proses geologis lainnya. Serat jenis alami memiliki sifat yang bisa mengalami pelapukan.
Penggolongan serat alami:
Serat Tumbuhan atau Serat Pangan

Biasanya serat ini terbentuk atas keberadaan selulosa, hemiselulosa dan terkadang mengandung pula lignin. Serat tumbuhan juga digunakan sebagai bahan untuk membuat kertas. Contoh-contoh serat alami jenis ini seperti katun dan kain ramie.

 B.       Serat Buatan
Serat ini merupakan serat yang dibuat oleh manusia dan memiliki beberapa jenis serat yaitu:
Serat Polimer

Kelompok serat ini dibedakan dengan disintesis atau dibuat dari berbagai elemen menjadi molekul yang lebih besar yang disebut polimer linear. Molekul-molekul dari masing-masing senyawa tertentu disusun dalam garis paralel dalam serat. Susunan molekul ini disebut orientasi molekul.
Serat Bahan Alam (Serat Tumbuhan atau Serat Pangan) dan Serat Buatan (Serat Polimer) Serat Bahan Alam (Serat Tumbuhan atau Serat Pangan) dan Serat Buatan (Serat Polimer) Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Friday, July 27, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.