TEKS EKSPLANASI : PENGERTIAN, CIRI-CIRI, DAN STRUKTUR

TEKS EKSPLANASI


Pengertian Teks Eksplanasi
Teks ekspalanasi berasal dari kata “explain” yang artinya jelaskan, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian teks eksplanasi adalah teks yang didalamnya berisi penjelasan atau proses-proses bagaimana dan mengapa dari sebuah topik yang berkaitan dengan suatu kejadian atau lingkungan sekitar dalam kehidupan sehari-hari.
Tanpa kita sadari semua fenomena yang terjadi disekitar kita memiliki hubungan sebab dan akibat dalam setiap prosesnya. Disamping merasakan fenomena tersebut, kita juga harus menganalisa dan mencermati apa sebab dan akibat yang terjadi.
Maka dari itu untuk mengidentifikasi sebuah teks eksplanasi maka kita harus mengetahui pengertian teks eksplanasi itu sendiri secara jelas.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi
Sama seperti teks pada umumnya, teks eksplanasi memiliki ciri ciri khusus yang dapat membantu kita mengidentifikasi apakah sebuah teks termasuk dalam teks eksplanasi ataupun tidak. Hal ini telah saya rangkum dalam ciri ciri teks eksplanasi. Teks dapat dikatakan sebagai teks eksplanasi jika memiliki kriteria dibawah ini:
1.      Informasi yang terkandung didalam teks bersifat fakta dan bukan merupakan rekayasa.
2.      Informasi yang disampaikan adalah informasi ilmiah atau real yang mengandung pengetahuan dan bukan merupakan karangan atau fiksi.
3.      Memiliki sifat yang informatif dan membujuk pembacanya.
4.      Diawali dengan pernyataan umum,  urutan sebab dan akibat, dan terdapat interpretasi.

Struktur Teks Eksplanasi
Selain memiliki ciri ciri kebahasaan, teks eksplanasi juga memiliki struktur singkat yang terdiri atas penjelasan umum, deretan penjelas, dan interpretasi. Ketiga struktur tersebut telah saya rangkum dalam struktur teks eksplanasi pada artikel ini. Teks eksplanasi dikatakan baik dan benar jika memiliki struktur yang sesuai atau semestinya, berkut adalah struktur teks eksplanasi yang benar terdiri dari:
1.      Pernyataan Umum : adalah bagian pertama dari teks eksplanasi yang terdapat pada awal paragraf yang berisi tentantang penyampaian topik atau permasalahan yang dibahas. Pada bagian ini berisi gambaran mengapa dan bagaimana sebuah fenomena dapat terjadi. Dalam menulis pernyataan umum harus menarik agar pembaca tertarik untuk membacanya.
2.      Deretan Penjelas : Berisikan tentang hubungan sebab dan akibat tentang suatu fenomena yang akan disusun berdasarkan urutan waktu.

3.      Interpretasi : Adalah bagian akhir atau penutup teks eksplanasi yang terdapat pada akhir paragraf dan berisi inti atau kesimpulan dari sebuah fenomena.  
TEKS EKSPLANASI : PENGERTIAN, CIRI-CIRI, DAN STRUKTUR TEKS EKSPLANASI : PENGERTIAN, CIRI-CIRI, DAN STRUKTUR Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Wednesday, November 29, 2017 Rating: 5

1 comment:

  1. BONUS HARIAN BULAN MARET 2019

    *Deposit diatas Rp.99.999 -> Bonus Chip 5.000
    *Deposit diatas Rp.499.999 -> Bonus Chip 10.000
    *Deposit diatas Rp.999.999 -> Bonus Chip 25.000
    *Deposit diatas Rp.4.999.999 -> Bonus Chip 100.000
    *Deposit diatas Rp.9.999.999 -> Bonus Chip 200.000

    1.Promo berlaku untuk member www.indokartu.biz
    2.Bonus Akan Otomatis Masuk Kedalam User Id Anda Setelah Melakukan Deposit
    3.Freechip dapat di Withdraw apabila telah melakukan Turnover Deposit+Freechip.
    4.Syarat Withdraw : Jika Turnover Telah Mencapai 3x Dari Nilai Deposit + Bonus
    Contoh : DEPO MEMBER 100.000 + BONUS 5000 = (105.000) x 3 = 315.000 (Total Turnover)
    5.Dilarang Memiliki Kesamaan IP Didalam Permainan Indokartu.
    6.Apabila Turnover tidak tercapai withdraw tetap dapat dilakukan dengan catatan bonus ditarik kembali

    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu

    poker online terbaik


    ReplyDelete

Powered by Blogger.