Pengertian, Maksud, Tujuan, Fungsi, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Contoh BERITA



1.      Pengertian
Pengertian Berita adalah laporan peristiwa (fakta) atau pendapat (opini) yang aktual (terkini), menarik dan penting. Ada juga yang mengartikan berita sebagai informasi baru yang disajikan dalam pembacaan / penulisan yang jelas, aktual dan menarik.

2.      Maksud
Yang dimaksud dengan Berita adalah suatu laporan cepat mengenai peristiwa terbaru dan penting untuk disampaikan kepada masyarakat. Berita dapat disajikan dalam bentuk surat kabar, radio, siaran tv maupun media online. Atau arti lain dari berita yaitu suatu informasi mengenai fakta atau sesuatu yang sedang terjadi. Biasanya disampaikan dalam bentuk media cetak, siara tv, radio, mulut ke mulut dan media online.

3.      Tujuan
Tujuan teks berita adalah sebagai penyampai pesan komunikatif, yang berarti untuk memberikan berita kepada pembaca, penonton, dan pendengar, mengenai suatu kejadian yang pantas, penting, dan layak untuk diberitakan kepada khalayak umum.

4.      Fungsi
Menyampaikan informasi
Fungsi berita dalam kehidupan sehari-hari yang pertama adalah menyampaikan informasi. Fungsi informasi mencakup berbagai informasi berbagai kejadian atau peristiwa yang menjadi perhatian dalam kehidupan sehari-hari seperti politik, hubungan luar negeri, prakiraan cuaca, kecelakaan, bisnis, buruh, pendidikan, dan ekonomi. Informasi tersebut sangat penting bagi khalayak dan umumnya diberikan melalui media massa baik media masa cetak maupun elektronik.
Meningkatkan kesadaran publik
Fungsi berita dalam kehidupan sehari-hari berikutnya adalah mengingkatkan kesadaran publik tentang isu tertentu. Yang dimaksud dengan kesadaran publik adalah tingkat pemahaman publik tentang pentingnya isu tertentu dan implikasinya bagi publik secara umum.
Isu disini dapat berupa masalah lingkungan hidup, masalah-masalah yang berkaitan dengan perempuan dan anak-anak, politik, dan lain-lain.
Berita surat kabar atau media elektronik merupakan salah satu sarana untuk dapat meningkatkan kesadaran publik tentang isu tertentu dengan cara menjelaskan isu-isu dan menyebarluaskan pengetahuan kepada khalayak luas agar dapat membuat keputusan yang tepat. Misalnya isu tentang kota yang ramah bagi perempuan dan anak.
Membantu bersikap terbuka
Berita yang disajikan melalui media massa cetak dan elektronik menjadikan kita lebih mengerti dan memahami berbagai kejadian atau peristiwa di seluruh dunia. Berita-berita dari seluruh dunia menunjukkan bahwa manusia di suatu negara berbeda dengan negara lainnya.
Latar belakang yang dimiliki pun berbeda-beda. Hal ini tentunya sangat penting bagi kita untuk mempelajari perbedaan yang ada dan belajar untuk bersikap terbuka terhadap hal-hal baru dan mengembangkan sikap toleransi  terhadap perbedaan yang ada.
Membentuk opini publik
Berita juga dapat berfungsi untuk membentuk opini publik. Sebagaimana telah dijelaskan dalam teori agenda setting bahwa media massa cenderung membentuk rasa kepedulian dan perhatian khalayak terhadap beberapa isu tertentu yang ditampilkan oleh media massa.
Hal ini dapat mengajak dan mengarahkan khalayak untuk menerima bahwa isu tertentu lebih penting dibandingkan isu lainnya. Isu-isu seperti misalnya isu di bidang ekonomi dan politik yang diangkat oleh media massa dapat mempengaruhi opini publik karena masalah ekonomi dan politik bersentuhan langsung dengan khalayak.
Misalnya, berita tentang tingginya harga sembako di tengah lesunya daya beli masyarakat menggiring opini publik bahwa pemerintah dinilai tidak mampu menekan naiknya harga sembako.
Mengambil keputusan
Menjelang pemungutan suara Pilkada 2018 bulan Juni mendatang, berbagai media massa mulai gencar memberitakan seluk beluk yang berkaitan erat dengan Pilkada.
Pemberitaan tentang calon kepala daerah yang tersangkut kasus korupsi, debat publik di televisi sebagai wadah pemaparan dan penajaman visi dan misi masing-masing calon kepala daerah, dan lain-lain mendorong khalayak untuk dapat mempertimbangkan data dan fakta yang ada sebelum memberikan suaranya di bilik suara.
Berbagai pemberitaan tersebut tentunya memberikan dan menambah informasi dan pengetahuan khalayak tentang calon pemimpin di daerahnya dan menentukan pilihannya saat pemungutan suara.

Hiburan
Seperti fungsi-fungsi komunikasi pada umumnya, fungsi berita selanjutnya adalah hiburan atau untuk menghibur. Dalam artian, berita yang disajikan ditujukan untuk menghibur khalayak misalnya cerita-cerita fiksi, komik, berita olahraga, tinjauan film terbaru, kolom hobby, dan lain sebagainya.
Mendidik
Berita tidak hanya menyuguhkan informasi kepada khalayak namun juga memberikan pendidikan kepada khalayak melalui kolom atau editorial tentang berbagai isu. Jika kita lihat, sebagian besar surat kabar selalu menyuguhkan kolom tentang pendidikan dan lowongan pekerjaan sebagai panduan atau pedoman kepada pembaca tentang berbagai macam kursus, pilihan karir yang tersedia, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan, dan lain-lain. Hal ini juga sekaligus menambah pengetahuan khalayak.
5.      Ciri-ciri
·         Menarik perhatian artinya berita harus bisa menarik perhatian, salah satu tujuannya yaitu agar bisa menarik perhatian masyarakat sehingga masyarakat ingin segera mengetahui isi berita tersebut.
·         Terkini atau aktual artinya berita harus berisi informasi atau peristiwa terbaru atau masih hangat di bicarakan.
·         Dipercaya artinya isi berita harus bisa dipercaya, itulah mengapa berita harus sesuai fakta jadi jangan mengada-ngada.
·         Jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana : Isi Berita yang baik yaitu harus jelas jangan berbelit-belit dan kalimat yang digunakannya harus yang sderhana supaya mudah dimengerti.

6.      Jenis-jenis
Adapun beberapa jenis berita dalam jurnalistik menurut penyatiannya yang ada sekarang ini, diantaraya:
a.       Straight News
Merupakan berita langsung, ditulis secara singkat, lugas dan apa adanya. Umumnya sebagain besar bagian halaman depan surat kabar berisi berita seperti ini. Jenis dari berita straight news dibagi menjadi 2 macam, yang diantaranya:
1)      Hard news : Merupakan berita yang memiliki nilai lebih, berkualitas dan ter-update. Karena sangat penting maka harus segera disampaikan dan diketauhi oleh masyarakat. Biasanya berisi berita bersifat khusus atau dapat juga mengenai peristiwa yang terjadi secara tiba-tiba.
2)      Soft news : Merupakan berita pendukung, berita yang ringan dan nilai beritanya di bawah hard news.
b.       Depth news
Merupakan berita yang mendalam, beritanya ini dikembangkan secara mendalam dan tujuannya untuk lebih mengangkat suatu permasalahan secara lebih mendalam.
c.        Investigation news
Merupakan berita yang dikembangkan berdasarkan penelitian ataupun penyelidikan yang dilakukan dari berbagai macam sumber. Investigation news hampir mirip depth news, bedanya pada depth news hanya melaporkan peristiwa yan terjadi secara mendalam saja.
d.       Interpretative News
Merupakan berita yang dikembangkan dengan pendapat maupun penelitian yang dilakukan oleh penulisnya.
e.        Opinion news
Merupakan berita tentang pendapat seseorang. Misalnya pendapat mahasiswa, pejabat, para ahli mengenai suatu kejadian atau peristiwa.

7.      Contoh
Akhirnya, sampailah kita pada inti pembahasan dalam materi ini, yakni contoh teks berita. Seperti yang kami kemukakan sebelumnya, bawah dalam contoh kali ini, akan kami sajikan 5 berita tentang beragam peristiwa terbaru yang terjadi dimasyarakat. Peristiwa yang kami angkat dalam contoh ini terdiri dari; peristiwa kecelakaan, kebakaran, banjir, politik, dan kriminal plus 1 contoh teks berita dalam bahasa Inggris. Semuanya akan ditulis mengikuti format 5WH1. Tak perlu berlama-lama lagi, berikut ini contohnya:

·         Contoh Teks Berita tentang Kecelakaan
Berikut ini adalah contoh teks berita tentang peristiwa kecelakaan kereta api yang terjadi baru-baru ini, selasa 15/12/2015 di Medan. Keluar Jalur, Kereta Api Sri Lelawangsa Tabrak Tembok Pembatas Rel Empat rangkaian gerbong kereta jurusan Medan-Binjai keluar dari jalur dan menabrak tembos pembatas rel di kawasan Jalan M.T Haryono kota Medan, Selasa (15/12/2015) (What, Where, When)
Peristiwa ini membuat warga setempat panik, pasalnya rangkaian kereta ini tiba-tiba memasuki jalur rel yang telah lama ditutup atau tidak difungsikan lagi.
Kereta penumpang Sri Lelawang Syah jurusan Medan-Binjai ini melaju kencang hingga pindah ke jalur kosong yang buntu dan tidak terintegrasi ke jalur lainnya sehingga menabrak tembok pembatas yang berada sekitar 100 meter dari stasiun besar kereta api Medan. (How)
Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. Di duga kereta tiba-tiba berpindah jalur karena ada kelalaian operator. Namun, kepala stasiun besar kereta api Medan, Nahruddin, yang tiba dilokasi kejadian belum memberikan keterangan terkait penyebab kecelakaan ini. (Why, Who)

·         Contoh Teks Berita tentang Kebakaran
Contoh teks berita berikut ini adalah tentang peristiwa kebakaran yang belum lama ini terjadi Kebakaran Landa Pasar Sukaramai Pekanbaru Kebakaran terjadi di pasar Sukaramai Pekanbaru Riau, Selasa sore (8/12/15) membuat panik pedagang yang berusaha menyelamatkan barang dagangan mereka. (What, Where, When)
Api menghanguskan kios dan toko pedagang di lantai dasar. Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena terhambat kepulan asap hitam. (What, Why) Untuk memadamkan api petugas berusaha menembus ruangan yang terbakar di lantai dasar. Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan Polresta Pekanbaru. (How, Why)



Pengertian, Maksud, Tujuan, Fungsi, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Contoh BERITA Pengertian, Maksud, Tujuan, Fungsi, Ciri-ciri, Jenis-jenis dan Contoh BERITA Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Friday, July 27, 2018 Rating: 5

4 comments:

  1. Terima kasih infonya, jadi semakin tambah wawasan tentang Berita. biasa cuma taunya baca aja :D
    Oiya, jika butuh Partisi Kantor, Kursi Kantor, dan Meja Kantor Silakan hubungi kami.

    ReplyDelete
  2. BONUS HARIAN BULAN MARET 2019

    *Deposit diatas Rp.99.999 -> Bonus Chip 5.000
    *Deposit diatas Rp.499.999 -> Bonus Chip 10.000
    *Deposit diatas Rp.999.999 -> Bonus Chip 25.000
    *Deposit diatas Rp.4.999.999 -> Bonus Chip 100.000
    *Deposit diatas Rp.9.999.999 -> Bonus Chip 200.000

    1.Promo berlaku untuk member www.indokartu.biz
    2.Bonus Akan Otomatis Masuk Kedalam User Id Anda Setelah Melakukan Deposit
    3.Freechip dapat di Withdraw apabila telah melakukan Turnover Deposit+Freechip.
    4.Syarat Withdraw : Jika Turnover Telah Mencapai 3x Dari Nilai Deposit + Bonus
    Contoh : DEPO MEMBER 100.000 + BONUS 5000 = (105.000) x 3 = 315.000 (Total Turnover)
    5.Dilarang Memiliki Kesamaan IP Didalam Permainan Indokartu.
    6.Apabila Turnover tidak tercapai withdraw tetap dapat dilakukan dengan catatan bonus ditarik kembali

    bandar judi ceme online dan agen live poker online terbesar terpercaya

    Silahkan add kontak kami bosku ^^

    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu




    ReplyDelete
  3. Fakta Anda Alami Kekalahan Waktu Main Poker Online



    * Salah Waktu Pilih Meja

    Beberapa penggemar judi poker online anda yang mempunyai potensi hebat dalam bermain poker online atau memiliki taktik. Janganlah begitu meyakini anda dapat mencetak kemenangan waktu bermain. Sebab bila anda cuma memercayakan potensi serta taktik untuk bermain judi poker online saja itu salah. Oleh karenanya, anda harus juga dapat memerhatikan meja waktu ingin bermain judi poker online. Untuk pilih meja yang akan anda mainkan itu begitu lah terpenting. Sebab, bila kita salah tempati meja kita juga dapat di taklukkan oleh player lainnya. Sebab player yang berada di dalam meja dapat membaca style serta langkah permainan kita. Jadi itu sebelum kita siap untuk bermain cari meja yang menurut anda pas untuk di menempati waktu ingin berlaga dalam bermain judi poker online.




    * Melupakan Batas Waktu Bermain

    Banyak beberapa hal terpenting yang seringkali di lupakan oleh beberapa player atau pemain yang suka bermain judi poker online. Hal itu ialah seringkali nya melupakan batas waktu waktu kita bermain judi poker online. Memang, Saat kita menang banyak, Kita akan melupakan batas waktu untuk bermain. Sebab kita tengah dalam tempat menang, tapi itu salah malah kita mesti dapat memiliki batas waktu untuk bermain meskipun kita menang atau kalah waktu bermain. Oleh karenanya perihal yang akan membuat anda dapat kalah banyak ialah melupakan batas waktu bermain, serta kami anjurkan supaya anda yang ingin bermain judi poker online sebelum bermain mesti memiliki ketentuan waktu yang perlu di batasi supaya tidak alami kekalahan dalam permainan judi poker online. Fakta Anda Alami Kekalahan Waktu Main Poker Online.


    Silahkan add kontak kami bosku ^^

    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu


    poker online uang asli terbaru

    ReplyDelete
  4. POKERVITA, jangan takut tertipu dan langsung dicoba dahulu dengan nominal deposit Rp 10.000,-kamu tidak akan menyesal bergabung dengan VITAPOKER. Selamat Bergabung dan Salam Jackpot !


    Promo Terbaru Poker Online – Promo Menjelang Ramadhan Pokervita 1440 Hijriah
    KLIK SINI LANGSUNG!!!


    Informasi Lebih Lanjut:
    Bbm : D88B0154
    Whatsapp : +62 812-222-2996

    |lINK KAMI di : POKERVITA.FUN

    ReplyDelete

Powered by Blogger.