LAPORAN PERJALANAN KARYA WISATA KE BANDUNG TANGKUBAN PERAHU, FARM HOUSE LEMBANG, PUSPA IPTEK SUNDIAL, DAN CIBADUYUT TAHUN 2020
Laporan ini bisa di DOWNLOAD DISINI !!!
LAPORAN
PERJALANAN
KARYA
WISATA KE BANDUNG
TANGKUBAN
PERAHU, FARM HOUSE LEMBANG, PUSPA IPTEK SUNDIAL, DAN CIBADUYUT
KELAS
VIII TAHUN 2019/2020
DISUSUN OLEH :
1. AGUS
N. R.
2. ALIF
HERU S.
3. ANISHA
M. Z.
4. BUNGA
NOVITASARI
5. ENDAH
M. F. A.
KELAS : VIII F
GURU
PEMBIMBING :
CAHYA
WENING, S.Pd
SMP
NEGERI 6 PEMALANG
JALAN
RAYA SUMBERHARJO – WANAMULYA
PEMALANG
Tlp. (0284) 324175
HALAMAN
PENGESAHAN
Laporan
Karya Wisata ke Bandung dengan Tangkuban Perahu, Farm House Lembang, Puspa Iptek
Sundial, dan Cibaduyut, ini telah disetujui dan disahkan oleh
Kepala Sekolah, Wali Kelas, dan Pembimbing SMP Negeri 6 Pemalang. Laporan Karya
Tulis ini dibuat untuk memenuhi Tugas Mata Pelajaran Bahasa Indonesia yang sesuai
dengan kurikulum SMP Negeri 6 Pemalang Tahun Pelajaran 2019/2020, pada :
Hari
/ Tanggal : ………………… Januari 2020
Tempat : SMP Negeri 6 Pemalang
Wali Kelas VIII F
Taufik,
S.Pd
|
|
Guru Pembimbing
Cahya
Wening, S.Pd
|
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 6 Pemalang
Sakir
Jiyanto, S.Pd
NIP. 19651020 198903 1016
KATA
PENGANTAR
Dengan
mengucapkan syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayahNya kepada kita semua khususnya kepada kami sehingga kami dapat
menyelesaikan laporan karya tulis ini denganbaik.
Laporan
ini disusun untuk memenuhi tugas mata pelajaran Bahasa Indonesia. Dengan
terselesaikannya laporan ini kami ucapkan terimakasih kepada :
1. Bapak
Sakir Jiyanto, S.Pd, selaku Kepala SMP Negeri 6 Pemalang.
2. Bapak
Taufik, S.Pd, selaku Wali Kelas
3. Ibu
Cahya Wening, selaku Guru Pembimbing Pembuatan Laporan.
4. Orang
tua kami yang telah mendo’akan kami mengizinkan, dan mendukung kami untuk
mengikuti kegiatan wisata.
5. Teman-teman
yang memberi semangat pada kami sehingga kami dapat menyusun karya tulis ini
dengan baik.
6. Serta
semua pihak yang telah membantu melaksanakan karya wisata ini dengan lancar
terutama biro tour kami.
Harapan
kami semoga laporan ini dapat bermanfaat kalangan siswa-siswi SMP Negeri 6
Pemalang, kami menyadari bahwa laporan ini masih ada kesalahan dan kekurangan,
baik dalam penulisan maupun penyajian. Oleh karena itu, kritik dan saran yang
bersifat membangun dari pembaca sangat kami harapkan demi kesempurnaan laporan
ini.
Pemalang, Januari
2020
Penyusun
KATA MUTIARA
"Pendidikan mempunyai akar yang pahit,
tapi buahnya manis."
Aristoteles
"Pendidikan itu mengobarkan api, bukan
mengisi bejana."
Socrates
"Tujuan pendidikan itu untuk mempertajam
kecerdasan, memperkukuh kemauan serta memperhalus perasaan."
Tan
Malaka
"Pendidikan terutama terdiri dari apa
yang tidak kita pelajari."
Mark
Twain
"Pendidikan adalah kemampuan untuk
mendengarkan segala sesuatu tanpa membuatmu kehilangan temperamen atau rasa
percaya-dirimu."
Robert
Frost
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
.............................................................................................. i
KATA PENGANTAR
........................................................................................... ii
KATA MUTIARA
................................................................................................. iii
DAFTAR ISI
........................................................................................................... iv
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang ............................................................................................. 1
B. Tujuan
.......................................................................................................... 1
C. Manfaat
........................................................................................................ 1
D. Obyek
Wisata ............................................................................................... 1
E. Peserta
.......................................................................................................... 2
F. Anggaran
...................................................................................................... 2
G. Waktu
........................................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Persiapan
...................................................................................................... 3
B. Tempat
Wisata ............................................................................................. 3
1. Tangkuban
Perahu .................................................................................. 3
2. Farm
House Lembang ............................................................................ 5
3. Puspa
IPTEK Sundial ............................................................................ 7
4. Cibaduyut
.............................................................................................. 16
BAB III PENUTUP
A. Simpulan
...................................................................................................... 17
B. Saran
............................................................................................................ 17
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang
Kegiatan
kunjungan ini merupakan sarana untuk menambahkan wawasan dan pengetahuan ke
Puspa IPTEK dan pusat perbelanjaan Cibaduyut.
Dengan kegiatan
ini, siswa dapat mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat untuk melatih
siswa dapat menyimpulkan apa yang dilihatnya dan dituangkan dalam bentuk
tulisan/laporan agar bermanfaat khususnya bagi para pembacanya dan kami
harapkan semoga pendidikan yang produktif dan inovatif.
B.
Tujuan
Tujuan diadakan
kegiatan studi wisata ke Bandung yaitu :
1. Untuk
menambah wawasan dan pengetahuan siswa.
2. Mengetahui
sejauh mana kemampuan siswa untuk melakukan kegiatan di luar sekolah.
3. Sumber
laporan merupakan salah satu syarat mengikuti ujian praktek.
C.
Manfaat
Adapun beberapa
manfaat diadakanya karya wisata sebagai berikut :
1. Menambah
pengalaman siswa
2. Menghibur
siswa saat belajar diluar sekolah
3. Melatih
siswa untuk dapat menyimpulkan apa yang dilihatnya dan dituangkan dalam bentuk
karya tulis.
D.
Obyek
Wisata
Dalam karya wisata tahun 2019/2020 ini SMP N 6
Pemalang, berwisata ke Bandung. Di Bandung
kami akan mengunjungi beberapa
Obyek Wisata yang ada disana, antara lain :
1. Tangkuban
Perahu
2. Farm
House Lembang
3. Puspa
IPTEK Sundial
4. Cibaduyut
E.
Peserta
Dari kelas VIII
A – VIII H dan didampingi oleh guru dan staf karyawan.
F.
Anggaran
Setiap siswa
diwajibkan membayar Rp. 650.000,-
G.
Waktu
Waktu kegiatan
study wisata berlangsung pada hari Sabtu – Senin tanggal 30 November – 1
Desember 2019.
BAB
II
ISI
LAPORAN
A.
Persiapan
Hari
Ke 1
Sebelum
kami berangkat karya wisata, kami sudah mempersiapkan peralatan mandi, baju,
makanan ringan, serta obat-obatan. Kami berangkat dari rumah jam 12.30 WIB dan
sampai di sekolah sekitar jam 12.35 WIB, untuk checking peserta kami berdoa
bersama agar selamat sampai tujuan.
B.
Kegiatan
Perjalanan Bandung
Hari ke II
Disetiap
perjalanan kami melihat pemandangan kota begitu indah. Kami tiba di Cirebon dan
disana kami jalan-jalan disekitarnya. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan
yang akan dituju yaitu Kota Bandung.
C.
Tempat
Wisata
1.
Tangkuban
Perahu
Gunung Tangkuban Parahu adalah salah satu gunung yang terletak di daerah
Cikole,Lembang. Gunung ini memiliki ketinggian 2.083. Konon menurut masyarakat setempat, Gunung Tangkuban Perahu Bandung
merupakan bukti nyata dari cerita rakyat “Sangkuriang”. Gunung tersebut
terbentuk karena amukan Sangkuriang yang tidak jadi menikahi ibu kandungnya
sendiri (Dayang Sumbi), sehingga perahu yang telah ia buat untuk syarat
menikahi ibunya yang cantik tersebut di tendang sampai terlempar jatuh dan
terbalik akhirnya menjadi sebuah gunung yang kita kenal sebagai Gunung Tangkuban Perahu Bandung
(diambil dalam bahasa sunda) yang dalam bahasa indonesia tangkub artinya
terbalik. Di tempat itu juga terdapat kawah yang menimbulkan bau belerang. Kini
Gunung Tangkuban Perahu Bandung
merupakan suatu objek wisata yang ramai dikunjungi wisatawan lokal dan asing.
Udaranya sejuk, pemandangannya indah dan terdapat pula para pedagang yang
menjajakan berbagai Kuliner Khas Bandung, Kerajinan Bandung, dan
souvenir-souvenir lainnya.
Untuk menjelajahi Gunung Tangkuban Perahu yang sangat luas kita bisa
melalui jalan setapak, atau menyewa seekor kuda yang bisa mengantar kita
mengelilingi Gunung Tangkuban Perahu Bandung untuk menikmati keindahan alam dan
berfoto bersama teman-teman di sana.
Objek wisata yang terdapat di Gunung Tangkuban Parahu antara lain:
Ø Kawah Domas
Ø Kawah Ratu
Ø Air Cikahuripan
Ø Kawah Upas
Ø Kawah Jurig
Ø Kawah Putih
Ø Pemandian Air Panas Ciater
Karena banyaknya objek wisata
yang berupa kawah, maka bau belerang pun tercium sampai ke hidung sehingga
dianjurkan agar pengunjung memakai masker. Untuk harga tiket masuk Tangkuban
Perahu dibagi berdasarkan kendaraan, pengunjung yang dibawa. Biaya tiket
dibedakan antara turis domestik dan luar negeri. Tiket di bayar
ketika masuk pintu gerbang terminal Jayagiri yang biasa di tempati bus untuk
parkir. Untuk melanjutkan perjalanan sampai didepan kawah Ratu pengunjung bisa
menggunakan angkutan wara-wiri.
2.
Farm
House Lembang
Farm House Lembang adalah sebuah tempat wisata yang cukup baru yang
dibuka pada Desember 2015 lalu. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Raya
Lembang Nomor 108, Cihideung, Kabupaten Bandung Barat. Tempat ini beroprasi
setiap hari pada pukul 09.00-21.00 WIB waktu setempat. Farm House Lembang
menyajikan miniatur pemandangan alam pedesaan, bangunan dan lingkungan di tempat
ini bergaya seperti di lingkungan Eropa klasik yang terkenal dengan pemandangan
perkebunan dan peternakan yang asri serta indah. Beberapa rumah yang ada di
tempat ini dibuat mirip seperti rumah mini kurcaci seperti dalam film “The Lord
Of The Ring” dan “The Hobbit”. untuk sebuah tempat wisata, Farmhouse Lembang
tidak begitu luas karena hanya memiliki luas wilayah sekitar 2 hektare.
Harga tiket masuk di tempat ini Rp. 20.000,-/orang. untuk parkir
kendaraan dikenakan tarif untuk motor berkisar Rp. 5.000-7000,-/motor, dan
untuk mobil Rp. 10.000-15.000,-/mobil. Untuk parkir kendaraan diluar dari
tempat wisata Farm House sendiri warga sekitar menyediakan alternatif parkir
dengan harga Rp. 5000,-/motor dan Rp. 10.000,-/mobil.
Fasilitas, Sarana Dan Prasarana
Farm House Lembang merupakan sebuah tempat wisata yang bertemakan alam
pedesaan di wilayah Eropa masa lampau. Ditempat ini memiliki fasilitas dan
saran sebagai berikut:
a. Penukaran Tiket
Ditempat wisata ini, tiket masuk awal yang seharga Rp. 20.000 dapat
ditukarkan dengan sebuah sosis bakar atau susu murni yang dapat dipilih dengan
salah satu dari tiga pilihan rasa, yaitu vanila, strawberry, dan coklat.
b. Rumah Hobbit
Lokasi utama yang membuat pengunjung antri untuk berfoto atau sekedar
melihat bangunan yang menyerupai rumah hobbit pada film “The Lord Of The Ring”
dan “The Hobbit” yang bangunan aslinya berada di Negara Selandia Baru.
c. Bangunan Bergaya Eropa
Bangunan yang mirip Villa ini merupakan salah satu tempat untuk berfoto
selain dirumah Hobbit. Bangunan dengan gaya dan desain Eropa klasik yang hadir
di tempat ini sangat indah dan menarik. Bangunan ini dipergunakan untuk tempat
pembelian souvenir dan kafe.
d. Penjualan Souvenir
Ditempat wisata ini memiliki sentra penjualan suvenir yang dibuat dari
kerajinan tangan menarik yang dapat dibeli disini yang lokasinya berada didalam
salah satu bangunan bergaya Eropa.
e. Kafe Dan Jajanan Tradisional
Ditempat ini tiga kafe yang tersedia, yaitu kafe indoor, outdoor dan
backyard. Kafe indoor terletak di dalam bangunan yang bergaya Eropa, kafe
outdoor yang letaknya disamping bangunan atau di kebun dan berhadapan langsung
dengan bukit di belakang Farm House dan kafe backyard yang letaknya di rooftop
bangunan bergaya Eropa dengan pemandangan yang dapat melihat area Farm House.
Dan adapula jajanan tradisional yang disajikan ditempat ini yang terletak
didekat bangunan bergaya Eropa yaitu dekat dengan kafe indoor.
3.
Museum
IPTEK Sundial
Puspa Iptek Sundial adalah wahana pendidikan yang terletak
di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung. Puspa Iptek Sundial
diresmikan pada tanggal 11 Mei 2002, bertepatan dengan momen Hari Pendidikan
Nasional. Keberadaan Gedung Puspa Iptek merupakan upaya penting bagi perwujudan
Kota Baru Parahyangan sebagai Kota Mandiri yang berwawasan Pendidikan. Mulai
tahun 2013 area alat peraga di Puspa Iptek Sundial juga diperluas serta
fasilitasnya diperlengkap, seiring dengan semakin tingginya minat dan
kepedulian masyarakat terhadap dunia sains dan teknologi.
Puspa Iptek memiliki lebih dari 180 buah alat peraga
interaktif sehingga pengunjung dapat mencoba sendiri dan mengeksplorasi
alat-alat peraga tersebut. Nama Puspa Iptek Sundial merupakan perpaduan antara
Puspa Iptek dan Sundial. Puspa Iptek adalah singkatan dari Pusat Peragaan Ilmu
Pengetahuan dan Teknologi sedangkan Sundial berarti jam Matahari. Kata Sundial
tersebut melekat karena Puspa Iptek Sundial berada di sebuah bangunan yang
unik. Keunikannya adalah gedungnya sekaligus berfungsi ganda sebagai jam
Matahari. Jam Matahari yang terdapat di Puspa Iptek pun tidak hanya satu,
melainkan dua buah yaitu jam Matahari horisontal dan jam Matahari vertikal yang
terpadu menjadi satu kesatuan. Jam Matahari horisontal yang terdapat di Puspa
Iptek itu juga merupakan jam Matahari horisontal terbesar di Indonesia. Atas
keunikannya itu, Puspa Iptek Sundial mendapatkan 2 buah penghargaan dari Museum
Rekor Indonesia (MURI), yaitu untuk kategori Jam Matahari Horisontal Terbesar di
Indonesia dan Jam Matahari Vertikal dan Horisontal Terpadu Pertama di
Indonesia.
Data umum Gedung Puspa Iptek Sundial:
1. Luas
lahan (bundaran): 7.850 m2
2. Luas area pamer alat peraga: 2.900 m2
3. Bidang refleksi horisontal: 2.785 m2
4. Bidang refleksi vertikal: 50 m2
5. Panjang jarum (Gnomon): 30 m
6. Ketinggian jarum: 15 m
2. Luas area pamer alat peraga: 2.900 m2
3. Bidang refleksi horisontal: 2.785 m2
4. Bidang refleksi vertikal: 50 m2
5. Panjang jarum (Gnomon): 30 m
6. Ketinggian jarum: 15 m
Puspa Iptek Sundial dapat dikunjungi oleh seluruh lapisan
masyarakat dan segala umur baik itu secara perseorangan (bersama keluarga,
sahabat, teman sekolah atau kuliah) maupun rombongan besar. Di sinilah wahana
yang tepat untuk menghabiskan waktu liburan keluarga atau sebagai tempat study
tour sekolah/kampus (mulai dari jenjang playgroup, TK, SD, SMP, SMA, dan bahkan
mahasiswa).
Puspa
Iptek Sundial
Jl. Raya
Padalarang No. 427 Bandung 40553
Telp/Fax: 022 - 6810099
HP: 0811 223 080 (Telp/SMS/WA/LINE, khusus reservasi & info seputar kunjungan)
Telp/Fax: 022 - 6810099
HP: 0811 223 080 (Telp/SMS/WA/LINE, khusus reservasi & info seputar kunjungan)
Email:
info /at/ the*biggest*sundial /dot/ com (hilangkan tanda *)
Puspa
Iptek Sundial terletak di kawasan Kota Baru Parahyangan, Padalarang, Bandung
yang sangat strategis. Gerbang Utama Kota Baru Parahyangan hanya berjarak 500
meter dari pintu gerbang tol Padalarang yang termasuk dalam jaringan jalan tol
Cipularang - Purbaleunyi.
Puspa Iptek memiliki lebih dari 180 buah alat peraga
interaktif, beberapa alat peraga terserbut antara lain :
a.
Sepeda Gantung
Seperti seorang pemain sirkus siswa
bisa menaiki sebuah sepeda yang berjalan di atas seutas tali dengan tidak
jatuh. Mau tahu rahasianya? Ada bandul besi dengan berat tertentu yang dipasang
di bawah sepeda yang membuat terjadinya keseimbangan sepeda dan pengendaranya,
sehingga sepeda dapat dikayuh di atas tali tanpa khawatir jatuh.
Pada kedua sumbu roda digantungkan
suatu pemberat, sehingga beban sepeda itu berada di bawah tali. Di sini, antara
nyali dan pengetahuan yang kita miliki akan saling uji. Dengan prinsip-prinsip fisika, sepeda itu sudah dipastikan
tidak akan jatuh, yaitu “ Karena massa di bawah sepeda, pusat massa
akan selalu berada di bawah tali, sehingga sepeda akan selalu tegak dan
stabil.”
Cara memainkan alat peraga di atas
adalah sebagai berikut:
Nyalakan blower Bernoulli sehingga
bola dapat melayang. Kemudian arahkan posisi blower sesuai dengan keinginan
kalian. Apakah yang terjadi ? Bola akan tetap melayang mengikuti posisi blower.
Kalian juga dapat melakukan percobaan mengenai ketinggian, kecepatan, dan
stabilitas bola dengan memutarkan pengatur posisi lubang udara.
Bagaimana bola bisa melayang ?
Bola melayang ini adalah salah satu
contoh dari Prinsip Bernoulli. Prinsip ini diambil dari nama ilmuwan Belanda
yang bernama Daniel Bernoulli.
Prinsip Bernoulli adalah sebuah
istilah di dalam mekanika fluida, yang menyatakan bahwa pada suatu aliran
fluida, peningkatan pada kecepatan fluida akan menimbulkan penurunan tekanan
pada aliran tersebut.
Alat peraga ini menjelaskan bahwa
tekanan udara rendah jika kecepatannya tinggi, dan tekanan udara tinggi jika
kecepatan udara rendah.
b.
Wajah Nengok
Perhatikan wajah diatas, wajah ini
seolah-olah selalu menengok dan menghadap ke kita dimanapun dalam 3 posisi yang
berbeda. Pengamatan cara alat peraga diatas sebagai berikut :
-
Berdirilah
agak menjauh sambil melihat wajah ini dari berbagai sudut dengan
menggeser-geser posisi berdiri Anda.
-
Bagaimana
penglihatan Anda?
-
Manusia
lebih sering melihat apa yang ingin dilihat dari pada melihat yang sebenarnya.
Kita terbiasa melihat wajah manusia menonjol kedepan dan dengan penyinaran dari
atas, ketika keduanya dibalik kita tidak sadar karena berharap melihat seperti
yang biasa kita lihat sehingga menimbulkan efek yang mengejutkan yaitu wajah
terlihat selalu menengok kea rah kita.
c. Tornado
Air
Alat peraga ini menstimulasikan bagaimana
kenampakan sebuah tornado. disini kincirlah yang membuat air berputar dan
membentuk tornado air. Namun sebuah tornado pada sebuah badai terjadi akibat
pertemuan udara panas dan lembab dengan udara panas dan kering. Sedangkan
pusaran air terbentuk akibat pertemuan dua arus yang berlawanan. Tornado dapat
ditemui diseluruh benua kecuali Antartika namun terdapat area tertentu yang
lebih sering muncul tornado disbanding ditempat lain. Sementara pusaran air
lazim ditemui dibagian bawah air terjun.
d.
Balon Udara Panas
Udara di dalam balon memuai saat
suhu menjadi lebih hangat. Udara yang memuai memiliki tingkat kepadatan yang
lebih rendah sehingga lebih ringan dibanding udara sejuk di sekitarnya dan
membuatnya naik sambil membawa balon itu bersamanya. Ketika udara di dalamnya
menjadi dingin, balon akan turun.
Seorang pilot balon udara hanya
dapat mengatur langsung ketinggian balon, dengan mengubah suhu udara di dalam
balon dan dengan mengeluarkan panas dari ventilasi di bagian atas. Untuk arah
perjalanan, pilot harus mengandalkan pergerakan arus angin.
e.
Harpa Laser
Prinsip dasar Harpa Laser ini adalah
saklar yang dikendalikan oleh cahaya. Ketika sinar laser terputus
dan terpatahkan oleh tangan kalian yang menembus melewatinya, sebuah sinyal
diubah menjadi penurun tegangan pada sensor optik yang disinari
laser. Penurun tegangan diterima melalui komponen-komponen pengatur
elektronik, dan sebuah sinyal dikirim ke komputer yang mengaktifkan
musik dan suara tertentu yang sebelumnya sudah diprogram pada perangkat lunak.
f.
Roda Persegi
Cara memainkan alat peraga dibawah
adalah sebagai berikut :
Tempatkan roda persegi di ujung
sebelah kiri dari lintasan yang bergelombang. Tekan poros roda yang berwarna
hitam dan lihatlah bagaimana roda tersebut berputar. Perhatikan bahwa poros
roda tetap berada pada ketinggian yang sama saat berputar
Apa yang akan terjadi jika
kalian mencobanya ?
Roda yang berbentuk persegi dapat
berputar dengan halus pada lintasan yang bergelombang karena jarak pusat roda
dengan lintasan selalu sama. Jika kamu coba menggulirkan roda
persegi pada jalanan yang rata, poros rodanya akan bergerak naik turun.
Dibutuhkan tenaga yang lebih besar agar roda persegi dapat bergulir pada
lintasan yang rata. Itulah sebabnya roda persegi tidak dapat terus berputar
dengan sendirinya .
Lintasan bergelombang ini memiliki
bentuk khusus yang disebut catenary curve. Roda persegi bisa
berputar pada lintasan bergelombang karena gelombang pada lintasan ini
menjaga poros roda berada di ketinggian yang sama
g.
Jam Matahari Kuno
Jam Matahari yang berada di
Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( Puspa IPTEK )
Bandung kini bisa dilihat melalui museum virtual yang tersebar di seantero
dunia. Ini berkat langkah IBM Indonesia mendirikan kios Try Science Around
The World. Tapi Jam Matahari dan peraga IPTEK lainnya tidak
kalah andal. Kios mungil yang terdiri atas satu unit komputer itu berdiri di
satu sudut ruangan. Warnanya ceria. Di atasnya bertuliskan Try Science
Around The World. Dibanding dengan seluruh isi ruangan Puspa IPTEK, itulah
satu-satunya perangkat berteknologi tinggi yang dilengkapi dengan komputer.
Kios Try Science yang merupakan museum virtual ini merupakan yang
kedua kali dibangun oleh IBM Indonesia setelah yang pertama diresmikan di Pusat
Peragaan Iptek Taman Mini Indonesia Indah (PP IPTEK
TMII) Jakarta, Oktober tahun lalu. Jika
diamati lebih jauh, kios ini tidaklah terlalu rumit. Benda tersebut hanya
seperangkat komputer yang terhubung dengan Internet yang ditambah dengan
program piranti lunak yang memang berisikan khusus aneka percobaan sains dan
teknologi. Pengunjung yang diharapkan adalah anak-anak bisa melakukan
eksperimen sains dan teknologi baik secara online maupun offline. Juga siapapun
bisa merasakan petualangan mulai dari menggali fosil dinosaurus dalam
menuDinosaur Dig Missions, misi ke ruang angkasa pada menu Space
Mission hingga memelihara hewan virtual dalam menu Animal Encounters.
Try Science ini juga terkoneksi dengan website milik IBM, www.tryscience.org secara online.
Anak-anak umumnya mempunyai rasa ingin tahu sangat tinggi. Museum virtual Try Science ini diharapkan dapat memenuhi rasa ingin tahu tersebut sekaligus merangsang minat pada dunia sains dan teknologi.
Anak-anak umumnya mempunyai rasa ingin tahu sangat tinggi. Museum virtual Try Science ini diharapkan dapat memenuhi rasa ingin tahu tersebut sekaligus merangsang minat pada dunia sains dan teknologi.
Semua program yang dijalankan
dalam Try Science ini adalah hasil karya ilmuwan IBM luar bekerjasama
dengan The New York Hall of Science dan The Associations of Science
Technology Centers di seluruh dunia.
4.
Cibaduyut
Menyebut nama Cibaduyut, maka langsung terlintas adalah
sepatu dan jaket serta berbagai asesoris yang terbuat dari kulit. Bandung yang
dulu dikenal dengan sebutan paris van java, Cibaduyut berada di Daerah Selatan
Bandung.
Berbagai oleh-oleh sebagai ciri khas kota Bandung bisa kita
dapatkan disana, seperti peyem, dodol, opak dan lain-lain sebagai oleh-oleh,
ditandai dengan patung sepatu yang besar di depan perempatan sebelum memasuki
jalan Cibaduyut bahkan salah satunya yang ada di Kota Bandung.
Bandung merupakan salah satu central pembuatan asesoris
tersebut. Cibaduyut juga dikenal sebagai deretan toko terpanjang di Asia.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Kami
meraasa sangat senang dengan diadakannya karya wisata ini dan kemipun menikmati
perjalanan ini, kami bisa mengetahui tentang tempat wisata yang ada di Kota
Bnadung serta ilmu pengetahuan kami menjadi bertambah.
B.
Pesan
1.
Untuk guru dan panitia penyelenggara,
diharapkan tahun selanjutnya Tujuan wisata diganti dengan tempat wisata yang
berbeda dengan tahun tahun sebelumnya.
2.
Untuk adik kela, sebaiknya jika ada
karya wisata diharapkan agar dapat mengikuti kegiatan ini, karena selain
menyenangkan juga menambah pengalaman.
3.
Semoga laporan perjalanan karya wisata
ini bermanfaat bagi adik-adik kelas dan pembaca.
C.
Kesan
1. Selama
di Kota Bandung kami mendapatkan pengalaman baru yang tidak pernah kami
lupakan.
2. Kami
senang karena pada saat di kota Bandung kami mendapat wawasan ilmu pengetahuan
dan tekhnologi, serta dapat melihat sejarah pada masa lalu di Puspa IPTEK.
LAPORAN PERJALANAN KARYA WISATA KE BANDUNG TANGKUBAN PERAHU, FARM HOUSE LEMBANG, PUSPA IPTEK SUNDIAL, DAN CIBADUYUT TAHUN 2020
Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com
on
Wednesday, January 29, 2020
Rating:
Your Affiliate Money Making Machine is waiting -
ReplyDeleteAnd making money with it is as easy as 1-2-3!
This is how it all works...
STEP 1. Tell the system which affiliate products you intend to promote
STEP 2. Add PUSH BUTTON TRAFFIC (it LITERALLY takes 2 minutes)
STEP 3. See how the system grow your list and sell your affiliate products for you!
Do you want to start making money??
You can test-drive the system for yourself risk free...