KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN

Kelebihan/Keuntungan
Teknologi Ramah Lingkungan Kehadiran teknologi ramah lingkungan adalah solusi bagi kehidupan berkesimbungan yang dapat dipertanggung jawabkan. Kebutuhan akan hal ini mutlak , jika tidak maka hal itu akan menjadi beban berat bagi generasi berikutnya yang akan mewarisi sampah plus dan segudang masalah lingkungan yang memengaruhi kehidupan paling dasar. Sumber Energi Alternatif Ramah Lingkungan Secara umum Dibagi Dua, yaitu :
1. Energi terbarukan atau yang dapat diperbaharui
2. Energi yang tidak dapat diperbaharui
Pengolahan energi nasional Indonesia hingga tahun 2005. mencakup pemasaran , produksi , teknologi eksplorasi , penelitian, penggembangan penggunaan batu bara dan gas alam . Pemanfaatan Energi Alternatif harus dipertimbangkan hal-hal berikut ini :
• Energi alternatif harus aman bagi penggunanya
• Energi alternatif harus mempertimbangkan segi finansial atau biaya
• Energi alternatif harus terkontrol dalam pengadministariannya
• Energi alternatif harus memadai dengan kondisi saat ini Pembangkit listrik tenaga angin dan matahari pertama kali diperkenalkan oleh Guiseppe , Seorang doktor dari perusahaan listrik italia pada tahun 1955 .


Kekurangan
 Selain menimbulkan dampak positif terhadap lingkungan, teknologi juga menimbulkan dampak negativeterhadap lingkungan secara khusus dan dunia secara umum. Berikut beberapa dampak negativeteknologi terhadap lingkungan.

1. Terkurasnya sumber daya
Teknologi cenderung berkembang kearah penciptaan kebutuhan baru, maka eksploitasi dayaalam semakin meningkat terutama untuk memenuhi kebutuhan cultural manusia . sebaliknyapemakaian sinar dan tenaga matahari malah makin berkurang. Lahan menjadi semakin misknunsur hara dan banyak masyarakat terpola untuk menjadi pecandu pupuk anorganik bukanorganic sehingga tanah mencadi tercemar. Bertumbuhnya industry migas dan transportasi danaktifitas manusia di darat mengakibatkan kapasitas laut semakin menurun sebab laju tingkatpencemaran semakin besar, kondisi inilah yang menyebabkan biota laut semakin berkurang dandiperparah dengan adanya beberapa Negara yang orientasi pembangunannya cenderungmempolitisasi aspek lingkungan demi kepentingan ekonomi sesaat.

2. Gangguan iklim
Tumbuhnya megapolis dan kawasan industry dapat menimbulkan perubahan iklim di suatudaerah akibatnya cuaca semakin tidak menentu. Suatu saat dikuatirkan ada daerah-daerah yangmenjadi kering sedangkan daerah lain malah dingin dan kebanjiran. Perubahan-perubahan initentu saja akan berpengaruh pada ekosistem global dan ini sekarang sudah menjadi kenyataandan berlangsung secara perlahan sedikit demi sedikit.

3. Destabilisasi dan dekompensasi lingkungan
Akibat-akibat diatas akan mengganggu keseimbangan ekosistem atau lebih tepatnya kebutuhanmanusia dan alam menjadi rusak dan tidak terpenuhi atau tidak terkelola dengan baik. Padatahapan akhir akan terjadi destabilisasi dan dekompensasi pada lingkungan sebagai akibat darihantaman teknologi yang berlangsung terus menerus dan terjadi bahkan dapat diluar kendali.

4. Konsumsi tinggi massal
Konsumsi massal makin membebani lingkungan dan kondisi tidak seimbang terjadi dimana-mana. Jika dinamika social ekonomi tidak bergerak seiring dengan peningkatan konsumsimasyarakat yang hanya menjadi konsumen barang-barang impor dari suatu Negara, makasebetulnya kondisi ini tidak sesuai dengan tahapan kemajuannya.

5. Destruksi dan kepunahan spesies hewan dan tumbuhan
Perkembangan ekosistem dan pengelolaan lingkungan serta pembangunan yang intensif akanmendesak spesies hewan dan tumbuhan yang tidak bermanfaat bagi manusia atau yang tidakdapat bertahan, berkurang sedikit demi sedikit dan punah. Peristiwa akan mengganggukeseimbangan ekosistem global dan kondisi ekologis lebih lanjut.

6. Pencemaran lingkungan
Polusi paling memprihatinkan di masa depan adalah terhadap air dan udara sehingga keduasyarat pokok kehidupan ini, yang biasanya tidak menjadi persoalan, tentu akan menjadi semakingawat. Pencemaran suara bising juga meningkat. Sekarang pencemaran udara menjadi isu globalkarena meliputi seluruh muka bumi. Masalah lingkungan juga berkaitan dengan ekonomi globalsehingga merupakan masalah yang rumit. Karena kerumitan dan sifatnya yang global,penanganan masalah lingkungan membutuhkan solidaritas, kebersamaan dan kerja sama antarbangsa.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNOLOGI RAMAH LINGKUNGAN Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Thursday, February 08, 2018 Rating: 5

1 comment:

  1. Cara Bermain Poker Online Di INDOKARTU

    -Cek
    -Fold
    -Call
    -Bet
    -Raise
    -All

    Silahkan add kontak kami bosku ^^

    WA : 081333366766
    BBM : indkartu
    LINE : indokartu


    cara bermain poker online



    ReplyDelete

Powered by Blogger.