PENGERTIAN, KONSEP, MANFAAT : OTOMATISASI PERKANTORAN
OTOMATISASI PERKANTORAN
Definisi
Otomatisasai perkantoran adalah semua
system informasi formal dan informal terutama yang berkaitan dengan komunikasi
informasi kepada dan dari orang yang berbeda di dalam maupun di luar
perusahaan. Dengan kata lain otomatisasi perkantoran merupakan sebuah rencana
untuk menggabungkan teknologi tinggi melalui perbaikan proses pelaksanaan
pekerjaan.
Beberapa system otomatisasi perkantoran
secara formal dan didokumentasikan dengan suatu prosedur tertulis. System
formal ini diterapkan di seluruh perusahaan untuk memenuhi kebutuhan
organisasi, mirip dengan sistem informasi manajemen. Namun sebagian besar
system otomatisasi perkantoran tidak direncanakan atau diuraikan secara
tertulis. System-sistem informal ini diterapkan saat diperlukan oleh perorangan
untuk memenuhi keperluaannya sendiri. Dan otomatisasi perkantoran dimaksudkan
untuk memudahkan segala jenis komunikasi baik secara lisan maupun secra
tertulis.
Asal
mula otomatisasi perkantoran di awal 1960-an, ketika IBM menciptakan istilah
word-processing untuk menjelaskan kegiatan devisi mesin tik listriknya. Bukti
nyata, pada tahun 1964-an, ketika IBM memasarkan mesin yang disebut Magnetic
Tape/Selectric Typewriter (MT/ST) yaitu mesin ketik yang dapat mengetik
kata-kata yang telah direkam dalam pita magnetik secara otomatis.
Otomatisasi kantor digunakan oleh semua
orang yang bekerja di dalam kantor. Pada dasarnya ada empat kategori pemakai
otomatis kantor, yaitu :
1.
Manajer adalah orang yang bertanggung jawab mengelola sumber
daya perusahaan terutama sumber daya manusia.
2.
Profesional yakni tidak mengelola orang tetapi menyumbang
keahlian khususnya (mis. Pembeli, wiraniaga, dan asisten staff khusus).
Manajer dan profesional secra bersama dikenal sebagai pekerja terdidik.
3.
Sekretaris bisanya ditugaskan pada pekerja terdidik tertentu
untuk melaksanakan berbagai tugas menangani korespondensi, menjawab telepon,
dan mengatur jadwal pertemuan.
4.
Clerical Employee (pegawai administratif) melaksanakan tugas
untuk-tugas untuk sekretaris, seperti mengoperasikan mesin fotocopy, menyusun
dokumen dan mengirimkan surat.
Otomatisasi perkantoran mencakup semua
system elektronik formal dan informal yang terutama berkaiatan dengan komunikasi
informal dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan.Sistem Elektronik
Formal dimaksudkan sebagai kegiatan perkantoran yang dokumentasiakan dengan
suatu prosedur tertulis. semua perusahaan menerapakan system formal untuk
memenuhi kebutuhan organisasi. Misalnya untuk pengelolaan informasi yang
didistribusikan ke manajer berupa laporan-laporan periodik maupun laporan
khusus.Sistem Elektronik informal berarti system perkantoran yang tidak
direncanakan atau diuraikan secara tertulis. System-sistem informal ini
diterapkan saat diperlukan oleh perorangan untuk memenuhi keperluannya sendiri.
Misalnya melakukan konsultasi atau diskusi dengan pengambil keputusan lainnya.
System informal dalam otomatisasi
perkantoran menjadikan ciri tersendiri dalam penggunaan komputer dalam
perusahaan, Karena otomatisasi perkantoran dimaksudkan untuk memudahkan jenis
komunikasi. Otomatisasi perkantoran tidak hanya melayani orang-orang didalam
perusahaan, akan tetapi juga dengan orang lain di lingkungan perusahaan.
Dalam gambar model
Otomatisasi perkantoran di atas
tidak terjadi aliran data
tetapi hanya ada aliran komunikasi dan
informasi. Pengertian data sendiri adalah
penggambaran dari segala sesuatu dari sebuah kenyataan maupun kejadian. Melalui
proses pengolahan data, sebuah data menjadi lebih bermanfaat
bagi penggunanya dan disebut sebagai informasi. Pengertian komunikasi adalah
adanya saling tukar menukar
informasi antara dua obyek atau lebih.
Konsep-konsep otomatisasi
·
Proses yang terjadi diperkantoran seperti halnya proses
manufaktur selalu mengarah ke otomatisasi.
·
Otomatisasi kantor berevolusi dari aplikasi-aplikasi yang
terpisah dan tanpa rencana menuju aplikasi yang terencana dan terpadu.
·
Otomatisasi kantor memudahkan penerimaan dan pengiriman
informasi.
·
Otomatisasi kantor memberikan keuntungan lebih besar melalui
pengambilan keputusan yang lebih baik.
·
Otomatisasi kantor sebagai pelengkap bagi metode komunikasi
tradisional bukan sebagai pengganti.
Manfaat Otomatisasi Kantor
Otomatisasi perkantoran merupakan
kaitan berbagai komponen dalam menangani informasi; mulai dari input hingga
distribusi dengan memanfaatkan bantuan teknologi secara optimal dan campur
tangan manusia secara minimal. Dengan demikian akan membuat informasi menjadi
lebih mudah dan murah digunakan, dipindahkan, dan dirawat. Pada akhirnya dapat
meletakkan landasan yang kuat untuk integrasi informasi sehinggga perusahaan
mampu berkompetisi lebih baik.
Sumber : http://adman.staf.upi.edu/2010/03/07/pengertian-otomatisasi-perkantoran/
PENGERTIAN, KONSEP, MANFAAT : OTOMATISASI PERKANTORAN
Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com
on
Friday, October 20, 2017
Rating:
No comments: