BIOGRAFI TOKOH ISLAM : Biografi Zaid bin Haritsah (578-629)



Su’dabinti Tsalabah bepergian mengunjungi familinya, Bani Ma’an.Dia membawa anaknya yang masih kecil, Zaid bin Haritsah Al Ka’by. Belum berapa lama di tinggal di sana, segerombolan orang berkuda Bani Qain, datang menyerang desa itu, lalu merampok harta benda penduduk, unta dan menculik anak-anak. Diantara anak-anak yang diculik mereka termasuklah Zaid bin Haritsah, anak Su’da.
Umur Zaid ketika itu baru menginjak delapan tahun. Para penculik membawanya kepasar ‘Ukazh’ dan menawarkannya kepada pembeli. Zaid dibeli seorang bangsawan Quraisy yang kaya raya, Hakam bin Hazam bin Khuwalid, seharga empat ratus dirham. Bersamaan dengan Zaid, Hakam membeli pula beberapa orang anak yang lain,
kemudian dibawanya pulang ke Makkah. Ketika Khadijah binti Khuwalid, bibidari Hakam bin Khuwalid, mengetahui bahwa Hakam telah kembali dari pasar “Ukazh, diadatang mengunjungi Hakam untuk mengucapkan selamat datang.
Kata hakam, “Wahai Bibi! Pilihlah diantara budak-budak itu mana yang Bibisukai, sebagai hadiah untuk Bibi. Khadijah memeriksa budak-budak itu satu persatu; maka pilihannya jatuh pada Zaid bin Haritsah, karena dilihatnya anak ini pintar dan cerdik. Kemudian Zaid dibawa pulang.

Tidak lama kemudian,
Khadijah menikah dengan Muhammad bin ‘Abdullah (ketika itu beliau belum menjadi Nabi). Khadijah ingin menyenangkan hati suami tercinta, dengan memberikan sesuatu sebagai kenang-kenangan. Setelah ditimbang-timbang, dia tidak melihat hadiah yang lebih baik bagi suaminya, melainkan budak yang berbudi halus, Zaid bin Haritsah. Lalu Zaid dihadiahkannya kepada suaminya.
Zaid menjadi sahabat serta pelayan yang setia Nabi Muhammad. Ia menikah dengan Ummi Ayman dan memiliki putra yang bernama Usamah bin Zaid bin Haritsah. Ia mengikuti hijrah ke Madinah serta mengikuti setiap pertempuran dalam membela Islam. Dalam Pertempuran Mu'tah, ia diangkat sebagai panglima perang dan dalam pertempuran inilah, ia mati syahid.
BIOGRAFI TOKOH ISLAM : Biografi Zaid bin Haritsah (578-629) BIOGRAFI TOKOH ISLAM : Biografi Zaid bin Haritsah (578-629) Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Saturday, July 29, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.