PEMASARAN ONLINE LENGKAP



1.     Pengertian
Pemasaran online sering disebut  Internet marketing, e-marketing atau online-marketing merupakan segala usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www (World Wide Web).

E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce , yang merupakan kerja dari perusahaan untuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

2.     Manfaat Pemasaran Online
a.     Melakukan perubahan dengan cepat
b.     Menentukan sasaran demografis tertentu
c.      Banyak media pilihan
d.     Penghubung yang efektif antara pemasar dengan konsumen
e.      Kemampuan Konversi Instan

3.     Kelebihan Pemasaran Online
a.     Organisasi  Lebih Mudah dan Sederhana
b.     Kemudahan Mengelola Barang
c.      Pelayanan Lebih Fokus
d.     Riset Pasar Lebih Mudah
e.      Biaya Pemasaran Murah
f.       Kemudahan Memilih Target Pasar
g.     Tidak Terbatas Ruang dan Waktu

4.     Kekurangan Pemasaran Online
a.     Mengharuskan pelanggan untuk menggunakan teknologi internet.
b.     Rendahnya kecepatan koneksi internet juga dapat menjadi hambatan
c.      Konsumen di internet tidak dapat menyentuh, mencium, merasakan atau mencoba barang secara nyata sebelum melakukan pembelian
d.     Adanya penipuan dalam penjualan secara online.

5.     Strategi Pemasaran Online
a.     Melalui Website Atau Blog, usaha anda dapat diketahui selama 24 jam sehari. Salah satu strategi pemasaran yang penting dari web adalah anda dapat menjelaskan secara rinci produk dan jasa yang anda jual.
b.     Optimasi Website, Sebagian besar pengguna internet mencari informasi melalui search engine seperti Google, Yahoo, MSN dll sesuai dengan keyword atau kata kunci yang diinginkan.

6.     Komponen Pemasaran Online
a.     Conten Marketing
Konten merupakan alat untuk menarik prospek dan pelanggan potensial ke website, toko online (ecommerce),dan blog .
b.     Searche Engine Marketing
Mesin pencari merupakan tempat pertama pelangganan mencari  informasi bisnis,produk,atau jasa sebelum memutuskan membeli sesuatu.
c.      Email Marketing
Email Marketing memiliki fungsi untuk tetap menjaga hubungan baik dengan klien/prospek bisnis anda sehingga anda tetap terlintas dipikiran mereka saat mereka membutuhkan sesuatu.
d.     Online Publik Relations
Adalah kegiatan public relations yang menggerakkan internet sebagai media komunikasi.
e.      Social Media Marketing
Adalah sebuah media online dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi berbagi dan menciptakan isi meliputi blog jejaring social, wiki, forum dan dunia firtual.
f.       Online Advertising
Metode periklanan dengan menggunkan internet dan world wide.

g.     Website
Merupakan media promosi yang paling popular dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang saling terkait dimasing-masing hubungan dengan hyperlink.

7.     Cara Kerja Pemasaran Online
a.     Menciptakan kehadiran online elektronik
-         Membeli ruang dilayanan online komersial :
-         Penyewaan ruang penyimpanan dikomputer milik penyedia jasa online
-         Penciptaan link computer milik sendiri ke pusat belanja layanan online

b.     Membuka situs internet sendiri :
-         Situs internet perusahaan (corporate web site)
-         Situs internet pemasaran (marketing web site)

c.      Menempatkan Iklan Online
Iklan online dalah iklan yang muncul ketika para pelanggan menjelajahi layanan online atau situs internet, yang meliputi papan iklan, jendela timbul tenggelam (pop-up windows) dan roadblock.

8.     Jenis-jenis Website
a.     Search Engine atau Mesin Pencarian
Search Engine atau mesin pencari adalah jenis website yang khusus mengumpulkan daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam database kemudian menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau “keywords” yang dicari oleh user. Mayoritas pengguna internet sudah familiar dengan situs search engine untuk mencari informasi yang mereka butuhkan melalui internet. Beberapa contoh search engine antara lain :Google SearchBingYahoo Search dan lain-lain.

b.    Web Portal
Web Portal adalah situs yang mengumpulkan dan menyediakan aneka informasi dari berbagai sumber untuk ditampilkan kepada user, jika user tertarik untuk mengetahui informasi yang ada dengan lebih lengkap, user akan diarahkan ke sumber yang aslinya.

c.      Archieve Site
Archieve site atau situs arsip adalah website yang dibuat untuk mengumpulkan dan menyimpan materi-materi elektronik berupa konten-konten dan halaman-halaman website agar tidak hilang/punah. Contohnya archieve.org.

d.    Portal Berita dan Informasi
Portal berita dan informnasi adalah situs yang memuat berita-berita dan artikel-artikel untuk dibaca pengunjung. Bisa juga berisi opini dan komentar-komentar seputar politik, teknologi dan lain-lain. Situs-situs berita ini seperti layaknya koran, majalah dan buletin online. Konsep dan karakteristik situs berita berbeda-beda sesuai dengan jenis berita dan target pembacanya.
PEMASARAN ONLINE LENGKAP PEMASARAN ONLINE LENGKAP Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Monday, August 08, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.