TEKS EKSPOSISI DAN CONTOH : DEFINISI, PROSES, ILUSTRASI, PERTENTANGAN, BERITA,



TEKS EKSPOSISI DEFINISI
Eksposisi definisi adalah suatu paragraf eksposisi yang memaparkan definisi suatu topik tertentu. Definisi yang disampakan tidak hanya sebatas pengertiannya saja tetapi mencakup semua hal tentang topik tersebut agar pembaca mendapatkan informasi dengan sangat jelas.
Contoh :
Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer. Jahe biasa digunakan sebagai bahan masakan atau penyedap rasa alami. Selain bisa digunakan sebagai rempah-rempah, tanaman ini juga bisa mengobati beberapa penyakit seperti batuk, panas dalam dan masih banyak lagi. Tanaman jahe memiliki tinggi sekitar 30 hingga 100 cm. Daunnya berbentuk menyirip dengan panjang sekitar 15 hingga 23 mm dan panjang 8 hingga 15 mm. Jahe memiliki rimpang atau akar berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Akar inilah yang diambil dan dimanfaatkan sebagai jahe. Rasa dominan pedas dan hangat pada jahe disebabkan oleh senyawa keton yang bernama zingeron. Terdapat 3 jenis jahe yang sangat popular di pasaran yaitu, jahe gajah, jahe kuning dan jahe merah. 

TEKS EKSPOSISI PROSES
Proses adalah langkah-langkah atau cara melakukan sesuatu dari awal hingga akhir. Jadi eksposisi proses adalah paragaf yang memaparkan suatu proses atau langkah-langkah suatu topik secara terperinci dan urut. Pada umumnya paragraf eksposisi proses memaparkan tentang proses terjadinya suatu hal, cara membuat atau cara penggunaan sesuatu.   
Contoh :
Oksigen yang kita hirup ini merupakan hasil dari proses photosynthesis pada tumbuhan. Proses ini terjadi di dalam daun. Pertama-tama tumbuhan akan mengumpulkan 3 bahan utama dalam proses ini yaitu, karbon dioksida (CO2), sinar matahari dan air. Karbon dioksida (CO2) di udara bebas diserap melalui stomata yaitu alat pernafasan tumbuhan di daun, sinar matahari diserap oleh chlorophyll, zat hijau daun dan air diangkut dari dalam akar menuju daun oleh pembuluh xylem. Setelah semua bahan terkumpul barulah proses ini dimulai. Air (H2O) dan Karbon dioksida (CO2) akan dipecah oleh bantuan sinar matahari sehingga menghasilkan glukosa (C6H12O6) dan oksigen (O2). Glukosa inilah yang dipakai oleh tumbuhan sebagai makanan mereka sedangkan oksigen dilepaskan kembali ke udara.



TEKS EKSPOSISI ILUSTRASI
Eksposisi ilustrasi memaparkan penjelasan-penjelasan atau informasi tertentu dengan cara memberikan gambaran sederhana mengenai suatu topik dengan topik lainnya yang memiliki kesamaan sifat atau kemiripan dalam hal tertentu. Meskipun memiliki 2 hal yang sedang dibicarakan, paragaraf ini tidak membandingkan namun hanya mengasosiasikan atau menghubungkan kesamaan mereka. 
Contoh :

Organisasi membutuhkan kerjasama yang kuat agar bisa berjalan dengan baik. Seperti layaknya sebuah mobil yang bergerak dikarenakan mesin mobil dan komponen-komponen lainnya yang berkerjasama. Organisasi juga membutuhkan komponen-komponen seperti ketua organisasi, wakil ketua, sekretaris, bendahara, humas dan anggota kelompok. Mereka inilah yang menggerakkan organisasi. Seperti pada sebuah mobil jika satu saja tidak ada atau rusak, akan menghambat jalannya mobil bahkan tidak bisa jalan sama sekali. Begitu pula dengan organisasi, semua pihak memiliki fungsi dan tugas tertentu yang akan menggangu jalannya organisasi jika salah satu dari mereka tidak ada atau tidak bekerja. Bahkan bagian yang paling kecil seperti anggota pun sangat penting kedudukannya di dalam organisasi.

TEKS EKSPOSISI KLASIFIKASI
Paragraf klasifikasi adalah salah satu metode pengembangan paragraf eksposisi. Klasifikasi sendiri berarti mengelompokkan. Jadi paragraf klasifikasi adalah paragraf yang memaparkan sebuah informasi dengan topik utamanya dikembangkan dengan cara mengelompokkkan ke dalam beberapa kelompok berdasarkan ciri-ciri. Karena paragraf ini merupakan bagian dari pengembangan paragraf eksposisi, maka tujuannya pun sama yaitu untuk memaparkan dan memberikan informasi yang sangat jelas kepada pembaca.

Contoh :
Ada beberapa jenis produk jusnalistik, yaitu surat kabar, tabloid, majalah, buletin atau berkala lainnya seperti radio, televisi, dan media on line di internet. Namun, tidak setiap surat kabar disebut produk jurnalistik. Surat kabar, tabloit, majalah, dan buletin dapat digolongkan menjadi tiga kelompok besar, yaitu 1. Berita, opini, dan iklan. Dari ketiga kelompok besar itu, hanya berita dan opini yang dapat disebut sebagai produk jurnalistik. Iklan bukalah produk jurnalistik, walaupun teknik yang digunakan merujuk pada teknik jurnalistik.

Berita dikelompokkan menjadi 6 kelompok, meliputi berita langsung, berita menyeluruh, berita mendalam, pelaporan mendalam, berita penyelidikan, berita khas bercerita, dan berita gambar. Adapun opini dikelompokkan menjadi 7 kelompok, yaitu tajuk rencana, karikatur, pojok, artikel, kolom, esai, dan surat pembaca. Sedangkan kelompok iklan dikelompokkan menjadi 2 berdasarkan jenis dan sifat iklan. Seperti, iklan produk barang dan jasa, iklan keluarga, dan iklan layanan masyarakat.

Untuk memisahkan secara tegas antara berita dan opini, maka dibutlah satu halaman khusus yang memuat semua opini tersebut. Pemisahan secara tegas antara berita dan opini dilakukan berdasarkan konsekuensi dari norma dan etika luhur jurnalistik yang tidak menghendaki berita sebagai fakta objektif, diwarnai atau dibaurkan dengan opini sebagai pandangan subjektif. 

TEKS EKSPOSISI PERTENTANGAN
teks eksposisi pertentangan adalah sebuah teks eksposisi yang menyajikan berbagai macam ulasan yang berisi pertentangan antara satu hal dengan hal yang lain. Jadi di dalam satu teks eksposisi pertentangan ini ada dua bahasan yang menjadi objek untuk dipertentangkan. Pada dasarnya pengertian teks eskposisi pertentangan ini hampir sama dengan pengertian teks eksposisi perbandingan. Namun penyajian teks eksposisi pertentangan lebih detail dan lebih terperinci dalam mempertentangkan ke dua objek tersebut.

Contoh :
"Jalan Cepat dan Lari"

Olah raga jalan cepat bukanlah olahraga lari. Meskipun kedua olahraga ini hampir sama, namun olahraga jalan cepat bukan olah raga lari karena sangat berebda. Yang paling membedakan dari kedua olah raga ini adalah, jika olahraga jalan cepat seseorang akan selalu melangkahkan kaki yang menapakkan tanah. Namun berbeda dengan olahraga lari, untuk olah raga lari ada suatu kala kaki orang tidak menyentuh tanah. Olah raga jalan cepat tidak memerlukan tenaga sebesar olahraga lari, sehingga olah raga jalan cepat ini bisa dikatakan lebih ringan dari pada olah raga lari.


TEKS EKSPOSISI BERITA

Teks Eksposisi berita merupakan jenis teks yangpengembangan teks eksposisi yang menyajikan atau memaparkan informasi yang dari suatu kejadian atau mengenai hasil dari sebuah penelitian. Eksposisi berita menyajikan informasi atau topik disertai dengan berbagai macam data berupa fakta, contoh, tabel, grafik atau bentuk data lainnya. Data-data tersebut bertujuan untuk memberikan alasan yang kuat terhadap informasi yang disampaikan dalam eksposisi berita.
Contoh :

Jakarta Rawan Banjir

Puncak musim hujan baru akan terjadi di bulan Februari 2016. Namun saat ini beberapa wilayah di Jakarta mulai tergenang banjir saat hujan deras melanda. Warga harus bersiap menghadapi kemungkinan genangan dan banjir yang akan terjadi. Hal tersebut harus diwaspadai oleh warga khususnya yang tinggal di bantaran sungai. Berdasarkan data dari Kepala Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, terdapat 134 LK / RW yang harus diwaspadai akan terjadi banjir. Seluruh wilayah tersebut tersebar di 34 Kelurahan di Jakarta. Paling banyak tersebar di Jakarta Timur dan Selatan, seperti Kelurahan Cipinang Melayu, Kelurahan Kampung Melayu, Kelurahan Bidara Cina, Kelurahan Cawang, Kelurahan Pondok Labu, Kelurahan Srengseng Sawah, Kelurahan Rajawati dan Kelurahan Bukit Duri. Tercatat saat hujan deras pada Minggu 14 Februari 2016 wilayah ini terendam setinggi 10-50 cm.
Kondisi ini lalu direspon oleh jajaran Musyawarah Pimpinan Kota (Muspikot) Jakarta Timur. Apel siaga banjir Jakarta dilaksanakan di halaman parkir PGJ Jatinegara sebagai langkah antisipasi datangnya puncak musim hujan tahun ini. Muspikot juga engkerahkan sedikitnya 347 personel menghadapi banjir yang berasal dar jajaran Polrestro Jakarta Timur, Kodim 0505, Satpol PP Jakarta Timur dan BPDB DKI Jakarta hadir dalam acara apel tersebut. selain itu, sejumlah perlengkapan siaga banjir juga ditampilkan dalam apel siagar banjir ini. Diantaranya adalah 2 perahu karet. 2 kayak, 2 kano dan beberapa perahu rakitan yang terbuat dari jerigen dan peralatan pendukung lainnya.

                              
TEKS EKSPOSISI DAN CONTOH : DEFINISI, PROSES, ILUSTRASI, PERTENTANGAN, BERITA, TEKS EKSPOSISI DAN CONTOH : DEFINISI, PROSES, ILUSTRASI, PERTENTANGAN, BERITA, Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Wednesday, October 25, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.