Teks Cerita, Menelaah Teks, dan Identifikasi ungkapan tanggapan dalam Teks Remaja dan Game Online




Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan computer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan lingkungannya.
Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game online ini. Berikut hal-hal yang dapat mempengaruhi anak dan lingkungan jika anak atau remaja bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.
Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Wanita yang tidak pantas dan serba terbuka sudah lazim ditemui di game-game yang beredar. Anak yang bermain game online secara berlebihan dapat membuat anak itu menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh karena itu, banyak diantara mereka mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online.
Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.
Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game online dapat mempengaruhi anak ke arah positif, seperti merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan, menjadi lebih terlatih, melatih mereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.
Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negative, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan, anak hanya akan peduli pada dirinya sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa ada hubungan antara kecenderungan game online dengan ranah keterampilan sosial, yaitu korelasi negatif yang signifikan antara kecanduan game online dan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial.
Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat, dapat diselesaikan jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobi, serta kapan dan dimana anak harus bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.
Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya jika mereka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.
Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing. Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.



Menelaah teks “Remaja dan Game Online”

 
No
Aspek
Tanggapan dan Bukti Tekstual
1
Judul
Penulisan judul sudah sesuai dengan EYD
Remaja dan Game Online
2
Struktur
Penyusunan struktur teks tanggapan kritis sudah runut dan sesuai dengan EYD
Ø  Evaluasi
·         Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan …
(Paragraf 1)
Ø  Deskripsi teks
·         Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja …
(Paragraf 2)
·         Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi anak-anak …
(Paragraf 3)
·         Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar …
(Paragraf 4)
·         Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game online …
(Paragraf 5)
·         Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif …
(Paragraf 6)
·         Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat …
(Paragraf 7)
Ø  Penegasan ulang
·         Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang …
(Paragraf 8)
·         Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang …
(Paragraf 9)
3
Fitur bahasa
Fitur bahasa yang digunakan dalam teks tanggapan kritis ini sudah betul dan sesuai dengan EYD.
4
Ejaan
Ejaan yang digunakan dalam teks tanggapan kritis ini sudah betul dan sesuai dengan EYD, baik dari tanda baca, huruf capital, dll.
5
Tanda baca
Tanda baca yang digunakan dalam teks tanggapan kritis sudah benar dan sesuai dengan EYD, mulai dari tanda titik (.), koma (,), Tanya (?), seru (!), dll.

 
Identifikasi ungkapan tanggapan dalam teks Remaja dan Game Online
1.        Ungkapan tanggapan yang menguatkan
Bukti tekstual
:
-          Game online dapat mempengaruhi kemampuan kea rah positif, seperti merangsang saraf motorik …

2.        Ungkapan tanggapan yang melemahkan
Bukti tekstual
:
-          Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan …
-          Banyak anak yang bermain game online secara berlebihan, dapat membuat anak itu …
-          Ada korelatif negatif yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli …

3.        Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut pandang orang lain.
Bukti tekstual
:
-          Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa ada hubungan antara kecenderungan game online …

4.        Ungkapan tanggapan yang menggambarkan data dari orang lain.
Bukti tekstual
:
-          Untuk itu peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan …
-          Oleh karena itu, banyak diantara mereka mengabaikan kehidupan nyata.

5.        Ungkapan tanggapan yang menggunakan gaya bahasa.
Bukti tekstual
:
-          Akan tetapi banyak hal-hal yang berdampak kurang baik …
-          Akan tetapi alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh …
-          Akan tetapi banyak juga sisi positif yang diperoleh anak …
-          Akan tetapi alasan-alasan tersebut dikaji secara akademis
-          Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.

6.        Ungkapan tanggapan yang menggunakan kata bilangan atau urutan informasi.
Bukti tekstual
:
-          Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game online dapat mempengaruhi kemampuan anak ke arah positif …
-          Alasan berikutnya adalah data yang mengatakan bahwa ada korelasi negatif, yaitu anak yang …


Meringkas teks “Remaja dan Game Online”
Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game online diinternet. Banyak yang menghabiskan waktunya untuk menyalurkan hobi bermain game online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh bagi anak dan lingkungannya.
Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, dapat berdampak buruk karena ada banyak game yang mengandung unsur kekerasan, kekejaman dan tindakan lainnya yang tidak disarankan oleh anak-anak.
Banyak game online yang mengandung unsur tidak baik untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Oleh karena itu, banyak diantara mereka mengabaikan kehidupan nyata dan kesehatan tubuh mereka.
Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika tidak bermain game secara berlebihan.
Alasan game online dapat mempengaruhi anak kearah positif, karena game dapat merangsang saraf motorik, melatih keterampilan tangan, kemampuan berstrategi, dan dapat berpikir untuk memecahkan masalah mereka sendiri.
Penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) tahun 2009 mengatakan bahwa game online berhubungan dengan ramah sosial, kecanduan game dan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial adalah dampak negatifnya.
Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat menurun karena terlalu sering bermain game.
Terlalu banyak bermain game dapat berdampak negatif dan berdampak positif jika memainkannya dibatasi.
Peran orang tua untuk mengawasi anak-anaknya saat bermain game online sangatlah penting. Karena penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan.
 

Teks Cerita, Menelaah Teks, dan Identifikasi ungkapan tanggapan dalam Teks Remaja dan Game Online Teks Cerita, Menelaah Teks, dan Identifikasi ungkapan tanggapan dalam Teks Remaja dan Game Online Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Saturday, September 02, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.