Teks Cerita, Menelaah Teks, dan Identifikasi ungkapan tanggapan dalam Teks Remaja dan Game Online
Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk
perkembangan game online di internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan
waktunya di depan computer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain
game online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan
lingkungannya.
Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di
kota-kota besar. Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan
tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game online ini. Berikut
hal-hal yang dapat mempengaruhi anak dan lingkungan jika anak atau remaja
bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang beredar
mengusung tema kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman,
dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara
langsung oleh anak-anak.
Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh
anak-anak. Wanita yang tidak pantas dan serba terbuka sudah lazim ditemui di
game-game yang beredar. Anak yang bermain game online secara berlebihan dapat
membuat anak itu menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh
karena itu, banyak diantara mereka mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata,
kebugaran fisik, dan pola hidup sehat menjadi dampak yang tidak dapat dihindari
apabila anak-anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online.
Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, alasan-alasan
yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif
yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan
secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi banyak juga sisi positif yang
diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada
beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak
dan remaja kita.
Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game online dapat
mempengaruhi anak ke arah positif, seperti merangsang saraf motorik mereka
dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan
tangan, menjadi lebih terlatih, melatih mereka dalam berstrategi, dan
merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.
Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi
negative, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan
lingkungan, anak hanya akan peduli pada dirinya sendiri. Penelitian yang
dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa
ada hubungan antara kecenderungan game online dengan ranah keterampilan sosial,
yaitu korelasi negatif yang signifikan antara kecanduan game online dan
sensitivitas emosional serta ekspresi sosial.
Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat, dapat diselesaikan
jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobi, serta
kapan dan dimana anak harus bermain game online secara proporsional dan
bertanggung jawab.
Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan
bahwa game online memiliki dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut
perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak positif yang diterima oleh
anak dan lingkungannya jika mereka bermain game online secara proporsional dan
bertanggung jawab.
Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang
kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing.
Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan. Akan tetapi,
penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.
Menelaah teks “Remaja dan Game Online”
No
|
Aspek
|
Tanggapan
dan Bukti Tekstual
|
1
|
Judul
|
Penulisan judul sudah sesuai dengan EYD
Remaja dan Game Online
|
2
|
Struktur
|
Penyusunan struktur teks tanggapan kritis sudah runut dan sesuai dengan
EYD
Ø
Evaluasi
·
Kemajuan teknologi informasi membuat banyak
perubahan …
(Paragraf 1)
Ø
Deskripsi teks
·
Game online banyak dimainkan oleh anak-anak
dan remaja …
(Paragraf 2)
·
Banyak game online yang isinya tidak pantas
untuk dikonsumsi anak-anak …
(Paragraf 3)
·
Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin
benar …
(Paragraf 4)
·
Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa
game online …
(Paragraf 5)
·
Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan
bahwa ada korelasi negatif …
(Paragraf 6)
·
Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup
sehat …
(Paragraf 7)
Ø
Penegasan ulang
·
Secara umum saya sebagai penanggap sepakat
dengan alasan yang …
(Paragraf 8)
·
Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan
arahan dan bimbingan tentang …
(Paragraf 9)
|
3
|
Fitur bahasa
|
Fitur bahasa yang digunakan dalam teks tanggapan kritis ini sudah betul
dan sesuai dengan EYD.
|
4
|
Ejaan
|
Ejaan yang digunakan dalam teks tanggapan kritis ini sudah betul dan
sesuai dengan EYD, baik dari tanda baca, huruf capital, dll.
|
5
|
Tanda baca
|
Tanda baca yang digunakan dalam teks tanggapan kritis sudah benar dan
sesuai dengan EYD, mulai dari tanda titik (.), koma (,), Tanya (?), seru (!),
dll.
|
Identifikasi ungkapan tanggapan dalam teks
Remaja dan Game Online
1.
Ungkapan tanggapan yang menguatkan
Bukti tekstual
|
:
|
-
Game online dapat mempengaruhi kemampuan kea
rah positif, seperti merangsang saraf motorik …
|
2.
Ungkapan tanggapan yang melemahkan
Bukti tekstual
|
:
|
-
Game-game ini menyertakan unsur kekerasan,
kekejaman, dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan …
-
Banyak anak yang bermain game online secara
berlebihan, dapat membuat anak itu …
-
Ada korelatif negatif yaitu anak yang bermain
game online menjadi tidak peduli …
|
3.
Ungkapan tanggapan yang mengungkapkan sudut
pandang orang lain.
Bukti tekstual
|
:
|
-
Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa
Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa ada hubungan antara
kecenderungan game online …
|
4.
Ungkapan tanggapan yang menggambarkan data dari
orang lain.
Bukti tekstual
|
:
|
-
Untuk itu peran orang tua dalam memberikan
arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan …
-
Oleh karena itu, banyak diantara mereka
mengabaikan kehidupan nyata.
|
5.
Ungkapan tanggapan yang menggunakan gaya bahasa.
Bukti tekstual
|
:
|
-
Akan tetapi banyak hal-hal yang berdampak
kurang baik …
-
Akan tetapi alasan-alasan yang disajikan tentu
tidak boleh …
-
Akan tetapi banyak juga sisi positif yang
diperoleh anak …
-
Akan tetapi alasan-alasan tersebut dikaji
secara akademis
-
Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif
perlu terus didukung.
|
6.
Ungkapan tanggapan yang menggunakan kata
bilangan atau urutan informasi.
Bukti tekstual
|
:
|
-
Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa
game online dapat mempengaruhi kemampuan anak ke arah positif …
-
Alasan berikutnya adalah data yang mengatakan
bahwa ada korelasi negatif, yaitu anak yang …
|
Meringkas teks “Remaja dan Game Online”
Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk
perkembangan game online diinternet. Banyak yang menghabiskan waktunya untuk
menyalurkan hobi bermain game online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh
bagi anak dan lingkungannya.
Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, dapat
berdampak buruk karena ada banyak game yang mengandung unsur kekerasan,
kekejaman dan tindakan lainnya yang tidak disarankan oleh anak-anak.
Banyak game online yang mengandung unsur tidak baik untuk dikonsumsi oleh
anak-anak. Oleh karena itu, banyak diantara mereka mengabaikan kehidupan nyata
dan kesehatan tubuh mereka.
Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar. Akan tetapi, banyak
juga sisi positif yang diperoleh anak jika tidak bermain game secara
berlebihan.
Alasan game online dapat mempengaruhi anak kearah positif, karena game
dapat merangsang saraf motorik, melatih keterampilan tangan, kemampuan
berstrategi, dan dapat berpikir untuk memecahkan masalah mereka sendiri.
Penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) tahun
2009 mengatakan bahwa game online berhubungan dengan ramah sosial, kecanduan
game dan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial adalah dampak negatifnya.
Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat menurun
karena terlalu sering bermain game.
Terlalu banyak bermain game dapat berdampak negatif dan berdampak positif
jika memainkannya dibatasi.
Peran orang tua untuk mengawasi anak-anaknya saat bermain game online
sangatlah penting. Karena penggunaan internet secara sehat sangat penting dan
diperlukan.
Teks Cerita, Menelaah Teks, dan Identifikasi ungkapan tanggapan dalam Teks Remaja dan Game Online
Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com
on
Saturday, September 02, 2017
Rating:
No comments: