Manfaat Terumbu Karang Ekonomis, Ekologis, Sosial Ekonomi



Manfaat Terumbu Karang



A.     Manfaat ekonomis terumbu karang:
Manfaat terumbu karang secara ekonomi antara lain yaitu terumbu karang merupakan sumber perikanan yang tinggi. Karena didalamnya hidup berbagai jenis ikan yang dapat ditangkap untuk kebutuhan pangan manusia. Selain itu, terumbu karang juga merupakan sumber obat-obatan. Karena dalam terumbu karang terdapat bahan-bahan kimia yang telah diteliti oleh banyak ahli dapat menghasilkan obat bagi manusia.
1.        Disamping sebagai sumber perikanan dan sumber obat
2.        karena keindahaan yang dihasilkan oleh ekosistem terumbu karang, ekosistem ini dapat dijadikan objek wisata yang menarik sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat yang tinggal disekitarnya.
3.        Masyarakat sekitarpun dapat memanfaatkan biota yang hidup di terumbu karang, seperti rumput laut, udang, dan ikan untuk dijadikan sumber makanan yang nantinya dapat dijual sehingga menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat.
4.        Berbagai jenis ikan, teripang, dan rumput laut yang hidup di terumbu karang juga dapat dimanfaatkan sebagai bibit untuk budidaya.
5.        Sebagai tempat berkembang biak dan hidupnya ikan
Terumbu karang memiliki banyak ruang dimana ikan dan hewan kecil lainya bisa bersembunyi dari mangsa. Sehingga tempat ini adalah tempat ideal berkembang biak bagi binatang laut. Ikan ini akan berkembang dan dapat ditangkap sebagai sumber penghasilan para nelayan.
6.        Sebagai tempat wisata
Terumbu karang seperti di Bunaken, Derawan dan Raja Ampat adalah tempat wisata yang terkenal dan banyak dikunjungi. Kegiatan wisata ini memberi sumber pendapatan bagi warga sekitar terumbu karang.
7.        Sebagai sumber obat-obatan
Spesies yang hidup di terumbu karang berpotensi sebagai sumber senyawa kimia yang dapat digunakan sebagai obat. Obat untuk berbagai penyakit seperti limpoma, Alzheimer, jantung dan kanker telah ditemukan dari penelitian di terumbu karang. Senyawa ini yang diolah akan menjadi obat bernilai ekonomi tinggi.


B.     Manfaat ekologis terumbu karang:

    Manfaat terumbu karang secara ekologi dapat diartikan sebagai manfaat terumbu karang dalam hal hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan lingkungannya. Manfaat – manfaat terumbu karang secara ekologi antara lain:
1.    Terumbu karang bermanfaat sebagai habitat dan sumber makanan bagi berbagai jenis makhluk hidup di laut. Disini banyak berbagai jenis makhluk hidup yang tinggal, mencari makan, berlindung, dan berkembang biak.
2.       Terumbu karang merupakan sumber keanekaragaman hayati yang tinggi. Dengan tingginya keanekaragaman hayati yang ada didalamnya, terumbu karang ini menjadi sumber keanekaragaman genetik dan spesies yang ditemukan memiliki ketahanan hidup yang lebih tinggi.
3.    Terumbu karang dapat bermanfaat sebagai pelindung bagi ekosistem yang ada disekitarnya, misalnya pada ekosistem fungsi hutan bakau, dan juga melindungi pantai dan daerah pesisir dari ombak besar. Terumbu karang dapat memperkecil energi ombak yang menuju ke daratan yang dapat menyebabkan abrasi pantai dan kerusakan sekitarnya.
4.     Terumbu karang dapat mengurangi penyebab pemanasan global yang terjadi dengan adanya proses kimia yang dilakukan oleh terumbu karang dan zooxanthellae. Proses kimia tersebut adalah proses perubahan gas CO2 menjadi zat kapur yang merupakan bahan pembentuk terumbu.
5.      Sebagai sumber keanekaragaman hayati
   Terumbu karang memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Terumbu karang memiliki banyak hewan yang hidup dengan memanfaatkan habitat yang diciptakan oleh porifera atau spons yang membentuk terumbu karang, misalnya ikan goby, penyu dan teripang. Hewan ini memanfaatkan sela di terumbu karang untuk bertelur dan berlindung dari pemangsa.
6.      Sebagai pelindung lingkungan pantai
    Terumbu karang membentuk pembatas alami yang dapat menahan dan memecah gelombang. Ini bermanfaat saat terjadi hurikan, topan atau tsunami. Gelombang besar akan terpecah sebelum mencapai pantai sehingga mengurangi dampak bencana yang terjadi.

C.     Dari segi sosial ekonomi yaitu:

    Secara sosial terumbu karang dapat dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan pendidikan dan penelitian agar ekosistem didalamnya dan disekitarnya, serta tumbuhan dan hewan laut yang ada dalam ekosistem terumbu karang tersebut dapat lebih dikenal sehingga mudah untuk dipelajari. Hal ini akan sangat bermanfaat sebagai pengetahuan agar tindakan pengelolaan dan pelestarian yang dilakukan terumbu karang lebih tepat sehingga kerusakan terumbu karang dapat diatasi dengan mudah. 
    Selain itu, ekosistem wilayah terumbu karang juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana rekreasi masyarakat, baik masyarakat lokal maupun masyarakat asing yang ingin melihat keindahaan yang dihasilkan oleh ekosistem terumbu karang ini. 
1.      Sebagai penunjang penelitian dan riset ekosistem laut
2.      Sebagai tempat rekreasi masyarakat
3.      Sebagai tempat berkembangbiaknya ikan dan hewan laut lainya , dengan begitu sumber daya laut akan melimpah sehingga hasil laut bisa dijadikan sumber devisa negara yang baik untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi nelayan pada khususnya, dan ekonomi negara pada umumnya
Manfaat Terumbu Karang Ekonomis, Ekologis, Sosial Ekonomi Manfaat Terumbu Karang Ekonomis, Ekologis, Sosial Ekonomi Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Monday, September 04, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.