MAKALAH INTERGRASI NASIONAL DALAM BHINEKA TUNGGAL IKA



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Indonesia merupakan negara kepulauan (archipelago) yang terdiri atas pulau-pulau yang dibatasi oleh laut dan selat. Sebagai sebuah Negara kepulauan yang terdiri dari banyak etnis dan budaya, Indonesia menghadapi berbagai kemungkinan adanya perpecahan yang dapat menjadi ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan, kesatuan bangsa. Untuk menyiasati hal tersebut, berbagai upaya tengah dilakukan. Salah satunya, yakni diwajibkan kepada seluruh masyarakat untuk memupuk komitmen persatuan dalam keberagaman, seperti tidak menyinggung SARA, harus saling menghormati antaragama dan keyakinan, serta menghargai perbedaan budaya.
Sebuah bangsa terdiri dari beragam masyarakat. Karena perbedaan ini pula, tidak jarang terjadi konflik yang memicu perpecahan antar masyarakat dalam bangsa pada suatu negara. Perpecahan dalam suatu bangsa ini dapat diselesaikan dengan integrasi nasional. Tetapi dalam kenyataannya, masyarakat Indonesia saat ini masih belum bisa menerapkan Integrasi Nasional dalam menghadapi masalah-masalah bangsa yang memicu perpecahan.
Sifat dasar bangsa Indonesia yang amat menonjol adalah sifat sifat kekeluargaan, musyawarah, percaya dan taat beribadah kepada tuhan, sifat ramah tamah, gotong royong, suka menolong, dan toleransi adalah sifat yang harus kita miliki. Oleh sebab itu, penulis membuat makalah yang berjudul “Membangun Integrasi Nasional dengan Bingkai Bhinneka Tunggal Ika”. Hal ini dimaksudkan agar kita lebih bisa memahami tentang pentingnya integrasi nasional dan toleransi dalam mengatasi masalah yang memicu perpecahan.



MAKALAH INI BISA DI DOWNLOAD DISINI !!!

MAKALAH INTERGRASI NASIONAL DALAM BHINEKA TUNGGAL IKA MAKALAH INTERGRASI NASIONAL DALAM BHINEKA TUNGGAL IKA Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Saturday, September 02, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.