MACAM-MACAM KERAJINAN TEKSTIL BESERTA CONTOHNYA



KERAJINAN TEKSTIL

Kerajinan tekstil merupakan sebuah karya seni yang dibuat menggunakan bahan tekstil. Tekstil merupakan bahan yang berasal dari serat yang diolah dari bahan benang atau kain. Bahan ini biasanya digunakan sebagai bahan untuk membuat busana serta berbagai macam produk kerajinan lainnya.

Macam-macam Kerajinan Tekstil
Seperti yang sudah kita singgung di awal bahwa kerajinan tekstil di Indonesia dibagi menjadi 2 yaitu kerajinan tekstil modern dan kerajinan tekstil tradisional.
Perkembangan industri tekstil berkembang sangat pesat. Saat ini banyak perancang atau desainer yang menghasilkan karya-karya busana modern. Tetapi tidak sedikit yang mengembangkan ide dari kerajinan tekstil tradisional Indonesia agar dikenal luas oleh dunia. Berikut pembagian kerajinan tekstil Indonesia.

Kerajinan Tekstil Modern
Kerajinan tekstil modern merupakan karya tekstil yang dibuat dengan menggunakan alat bantu modern sehingga bisa membuat suatu produk tekstil dalam jumlah banyak.
Salah satu contoh kerajinan tekstil modern adalah pakaian yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti topi, baju, aneka aksesoris. Selain itu ada juga digunakan sebagai pelangkap interior seperti kain sprei, sarung bantal, keset, lap dan lain-lain.
Kerajinan Tekstil Tradisional
Kerajinan tekstil tradisional merupakan kerajinan tangann yang dibuat dengan menggunakan peralatan sederhana dan menggunakan bahan yang berasal dari alam. Alat yang digunakan biasanya masih sangat sederhana dan tidak bisa memperoduksi barang dalam jumlah banyak.
Contoh kerajinan tekstil sederhana adalah kain tenun, kain sarung, batik tulis dan aneka produk khas dari derah di Indonesia.

Contoh Macam-macam Kerajinan Tekstil
Kerajinan tekstil merupakan suatu karya yang terwujud memlalui beberapa tahap pembuatan produk dari bahan tekstil. Desain merupakan langkah awal dalam membuat kerajinan dengan merancang suatu karya seni akan memudahkan dalam mencapai tujuan dalam pembuatan karya tersebut. Berikut ini merupakan contoh kerajinan tekstil yang ada di Indonesia.


 Bisa di DOWNLOAD DISINI !!!


MACAM-MACAM KERAJINAN TEKSTIL BESERTA CONTOHNYA MACAM-MACAM KERAJINAN TEKSTIL BESERTA CONTOHNYA Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Friday, August 25, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.