PROPOSAL KEGIATAN PAMERAN SEKOLAH DALAM RANGKA HARI PAHLAWAN

PROPOSAL
KEGIATAN PAMERAN SEKOLAH
DALAM RANGKA HARI PAHLAWAN

  
 
Disusun Oleh :

Kelompok 8

Ketua
Sekretaris
Aggota
:
:
:
Tri Mulyanti                 (35)
Wulansari Barokah      (37)
1.     Sundiarti                    (31)
2.     Sefia Indriati             (29)
3.     Ikhfatun Solikha        (9)

SMK NEGERI 1 PEMALANG
Jl. Gatot Subroto No. 31 Pemalang
2016






KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan proposal Peringatan Hari Pahlawan ini.
Kami menyadari bahwa proposal ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan proposal ini.
Akhir kata atas semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan proposal ini dari awal sampai akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi segala usaha kita. Aamiin.


 

  I.            PENDAHULUAN
“Bangsa yang besar adalah Bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawan”. Kita mempelajari melalui sekolah ataupun kesaksian para pelaku sejarah mengenai pengorbanan yang sudah pahlawan berikan. Bahkan jiwa raga pun sudi mempersembahkan demi terwujudnya kemerdekaan Negara kita tercinta. Kita hidup dimasa kini tentulah mengalami peristiwa yang berbeda dengan waktu penjajaahan dahulu, perjuangan yang dilakukan di zaman lampau ialah dengan mengangkat senjata guna mengusir penjajah.
Ada hal yang dapat melengkapi tindakan guna menghargai jasa-jasa mereka, yaitu dengan membangun nila-nilai pahlawan seperti semangat baru pantang menyerah dalam belajar, rela berkorban satu sama lainnya dan menjunjung tinggi rasa solidaritas serta sportivitas kita sebagai siswa-siswi SMK N 1 Pemalang. Dengan upaya-upaya karakter siswa-siswa untuk menumbuh kembangjan karakter bangsa yang hanya dapat terlaksana bila spirit kepahlawanan telah menyatu dalam jiwa setiap siswa-siswi SMK N 1 Pemalang. Oleh karena itu, kami bermaksud untuk mengadakan acara kegiatan pameran sekolah dalam rangka Hari Pahlawan.

    II.            TUJUAN
Ø Tertanamnya nilai-nilai kepahlawanan dalam diri siswa-siswi sebagai bentuk semangat, pantang menyerahm menjunjung tinggi nilai solidaritas, serta sportivitas yang ada dalam siswa-siswi SMK N 1 Pemalang.
Ø Tergalinya potensi-potensi kreativitas kegiatan pameran di SMK N 1 Pemalang.
Ø Menumbuhkan kerja sama , kreativitas, inovatif, dan perjuangan siswa-siswi SMK N 1 Pemalang, dapat bermanfaat baik di lingkungan sekolah maupun didalam lingkungan masyarakat sekitarnya.

 III.            NAMA KEGIATAN
“MEMPERINGATI HARI PAHLAWAN”

 

 IV.            TEMA
Melalui kegiatan pameran seni rupa dalam rangka memperingati hari pahlawan di SMK N 1 Pemalang, semoga kita dapat mewariskan jasa para pahlawan dan bisa melukiskan gambar-gambar pahlawan Indonesia, dan dapat meningkatkan kreativitas siswa dibidang seni, khususnya seni rupa.

    V.            JADWAL KEGIATAN
1)   Pukul 07.30 WIB – 08.00 WIB
Upacara Hari Pahlawan di Lapangan Upacara.

2)   Pukul 08.00 WIB – 09.00 WIB
Persiapan untuk Lomba Pameran.

3)   Pukul 09.30 WIB – Selesai
Lomba pameran karya seni rupa.

 VI.            SASARAN KEGIATAN
Sasaran pada kegiatan pameran seni rupa di sekolah adalah siswa-siswi kelas X, XI, XII, di SMK N 1 Pemalang dalam rangka memperingati hari pahlawan pada tanggal 10 November .

VII.            JENIS KARYA
Jenis karya yang akan ditampilkan dalam pameran karya seni rupa ini adalah karya seni rupa murni (fine art) dan seni rupa terapan (apllied art). Kami akan menunjukkan sebuah pameran ini akan digunakan sebagai hiasan dan karya yang akan dipamerkan akan berguna da nada pula karya lainnya yang termsuk seni rupa trepan yaitu lukisan pahlawan, foto sejarah pahlawan, dan lain sebagainya.


VIII.            SUSUNAN PANITIA
Panitia kegiatan OSIS SMK N 1 Pemalang :
·      Penasihat                : Dra. Widayati Eni Lestari, MA
·      Penasihat                : Tri Mulyanti
·      Ketua Panitia          : Ikhfatun Solikha
·      Sekretaris                : Wulansari Barokah
·      Seksi-seksi              : Sundiarti

 IX.            ANGGARAN DANA
1.      Penggunaan Dana
No
Keperluan
pengeluaran
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Dekorasi
Pubikasi
Terima Tmu
Dokumentasi
Pengumpulan karya
Konsumsi
Lain-lain
Total
Rp. 135.000,-
Rp.    50.000,-
Rp.    50.000,-
Rp.    50.000,-
Rp.    45.000,-
Rp.  100.000,-
Rp.    35.000,-
Rp. 435.000,-

2.      Sumber Dana
Iuran siswa Rp. 5.000/anak
Jumlah siswa = 37 anak

37 x Rp. 5.000                   = Rp. 185.000,-
Dana dari Sekolah             = Rp. 250.000,-
Total                                  = Rp. 435.000,-



    X.            PENUTUP
Demikian proposal ini kami ajukan sebagai Laporan. Kami mohon daran dan petunjuk dari kepala sekolah agar pelaksanaan kegiatan pameran sekolah dalam rangka memperingati hari pahlawan ini dapat berlangsung lancer dan sukses. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/Ibu guru, kami mengucapkan banyak terimakasih.



PROPOSAL KEGIATAN PAMERAN SEKOLAH DALAM RANGKA HARI PAHLAWAN PROPOSAL  KEGIATAN PAMERAN SEKOLAH  DALAM RANGKA HARI PAHLAWAN Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Wednesday, February 08, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.