Pengertian Kegiatan Ekonomi, Produksi, Konsumsi dan Distribusi beserta Contohnya



KEGIATAN EKONOMI

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang hampir dilakukan seluruh manusia yang berperadaban di seluruh bagian dunia ini. Kegiatan ekonomi bukanlah hanya mainan segelintir kalangan elit ataupun monopoli suatu negara saja melainkan ini merupakan kegiatan yang tanpa sadar, tanpa sengaja telah dilakukan oleh setiap manusia.
            Ilmu ekonomi dimasa sekarang ini dapat dikatakan sebagai ilmu yang sangat penting dan berpengaruh bagi kehidupan manusia. Dalam kajiannya ekonomi terbagi kembali kedalam dua kelompok besar yang tujuan dan objeknya dalam menjalankan sangatlah berbeda yakni ekonomi makro dan ekonomi mikro. Ekonomi makro merupakan bagian dari ilmu ekonomi yang mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian secara keseluruhan sedangkan ekonomi mikro merupakan penjelasan dari variable ekonomi yang lebih kecil seperti konsumsi, investasi dan tabungan. Sesuai dengan penjelasan singgkat diatas bahwa pokok perhatian utama bagi ekonomi mikro adalah ekonomi yang pemberdaan manusia.
            Ekonomi pemberdayaan manusia/kerakyatan pedesaan merupakan salah satu contoh dari ekonomi mikro yang dalam pelaksanaannya menggunakan prinsip-prinsip ekonomi mikro. Ekonomi pedesaan masih menjunjung tinggi dan menghormati asas-asas persaudaraan dalam berkegiatan ekonomi. Yang kemudian kegiatan ini menjadi sumber pencarian utama masyarakat desa ataupun sekedar hanya menambah pendapatan keluarga.  Dengan semakin tinggi pendapatan dan kebererdayaan masyarakat desa dalam bidang ekonomi maka pembangun desa maupun pembangunan negara akan lebih mudah tercapai.
            Namun yang terjadi kala ini pengembangan ekonomi pedesaan kurang berhasil. Hal ini muncul karana sarana dan prasarana pedesaan belum cukup memadai. Tidak hanya karena sebab itu perkonomian pedesaan kurang berkembang kurang pengetahuan/pendidikan, kurangnya semangat berkresi, sampai minimnya lapangan pekerjaan adalah alasan yang paling sering muncul dan diperdengarkan untuk kurangnya berkembangan ekonomi pedesaan. 
            Kemudian yang terlihat bahwa pembangunan dan perkembangan perdesaan jauh tertinggal dibandingkan dengan perkotaan. Sentra-sentra kegiatan ekonomi utama perdesaan hanya berbasis dan mengandalkan pada bidang pertanian  dan pemanfaatan sumber daya alam yang belum dikembang secara optimal. Sektor ekonomi lainnya, seperti industri kecil dan kerajinan rakyat masih sangat terbatas.




PRODUKSI, KONSUMSI DAN DISTRIBUSI

Produksi
Produksi adalah kegiatan yang menciptakan, mengolah, mengupayakan pelayanan, menghasilkan barang dan jasa atau usaha untuk meningkatkan suatu benda agar menjadi lebih berguna bagi kebutuhan manusia. Orang atau badan yang mengolah, menciptakan, dan menghasilkan barang atau jasa disebut sebagai produsen.
Contoh kegiatan produksi:
Kegiatan Pertanian

Kegiatan Pertambangan


Kegiatan Jasa



Konsumsi
Konsumsi adalah kegiatan menggunakan, memakai, dan menghabiskan barang dan jasa atau dengan kata lain merupakan kegiatan mengurangi atau menghabiskan kegunaan suatu barang dan jasa guna memenuhi kebutuhan hidup. Orang atau badan yang menggunakan barang dan jasa disebut sebagai konsumen.
Contoh kegiatan konsumsi:
a.    kegiatan makan, minum, berpakaian, dan berkendaraan
Kegiatan Makan

b.    kegiatan pertanian: penggunaan pupuk, obat-obatan anti hama
Penggunaan obat anti hama
 
c.    pasien menggunakan jasa dokter
Jasa dokter

Barang-barang yang dapat langsung digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup disebut sebagai barang konsumsi. Barang-barang semacam ini dapat dibedakan menjadi dua macam:
1.    barang yang hanya dipakai sekali langsung habis
2.    barang yang dapat dipakai beberapa kali.



Distribusi
Distribusi adalah kegiatan menyalurkan barang hasil produksi dari tempat penghasil barang (produsen) ke tempat pemakai barang (konsumen) dengan cara jual beli. Orang atau badan yang bertugas menyalurkan barang dan jasa dari produsen ke konsumen disebut sebagai distributor.
Tujuan kegiatan distribusi:
a.    menyebarluaskan dan mengusahakan pemerataan hasil produksi kepada konsumen
b.    untuk menjaga kelangsungan hidup kegiatan produksi
c.    untuk usaha peningkatan, pengembangan, dan perluasan produksi.
Tugas distributor dipusatkan pada kegiatan pemasaran barang meliputi berikut ini:
1.    Tugas pokok
-    jual beli

-    mengangkut
-    menyimpan
-    menanggung resiko.

2.    Tugas tambahan
-    menyeleksi
-    mengepak atau mengemas

-    memberi layanan informasi.

Ketiga kegiatan tersebut mempunyai keterkaitan dan ketergantungan. Kegiatan produksi tidak akan berjalan sebagaimana mestinya tanpa kegiatan distribusi. Kegiatan distribusi tidak mungkin ada jika tidak ada barang yang diproduksi dan tidak ada yang mengonsumsi barang. Kegiatan konsumsi tidak mungkin ada jika tidak ada barang dan tidak ada yang mendistribusikannya.
Pengertian Kegiatan Ekonomi, Produksi, Konsumsi dan Distribusi beserta Contohnya Pengertian Kegiatan Ekonomi, Produksi, Konsumsi dan Distribusi beserta Contohnya Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Sunday, January 29, 2017 Rating: 5

1 comment:

  1. LEGENDAQQ.NET
    Kami Hadirkan Permainan Baru 100% FAIR PLAY Dari Legendaqq.Net. :) 1 ID Untuk 8 Games :
    - Domino99
    - BandarQ
    - Poker
    - AduQ
    - Capsa Susun
    - Bandar Poker
    - Sakong Online
    - Bandar 66

    Nikmati Bonus-Bonus Menarik Yang Bisa Anda Dapatkan Di Situs Kami LegendaQQ.Net. info Situs Resmi, Aman Dan Terpercaya ^^ Keunggulan LegendaQQ.Net :
    - Tingkat Persentase Kemenangan Yang Besar
    - Kartu Anda Akan Lebih Bagus
    - Bonus TurnOver Atau Cashback Di Bagikan Setiap 5 Hari
    - Bonus Referral Dan Extra Refferal Seumur Hidup
    - Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20.000,-
    - Tidak Ada Batas Untuk Melakukan Withdraw/Penarikan Dana
    - Pelayanan Yang Ramah Dan Memuaskan
    - Dengan Server Poker-V Yang Besar Beserta Ribuan pemain Di Seluruh Indonesia,
    - LegendaQQ.Net Pasti Selalu Ramai Selama 24 Jam Setiap Harinya.
    - Permainan Menyenangkan Dengan Dilayani Oleh CS cantik, Sopan, Dan Ramah.

    Fasilitas BANK yang di sediakan :
    - BCA
    - Mandiri
    - BNI
    - BRI
    - Danamon

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At LegendaQQ.Net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : 2AE190C9
    - Facebook : LegendaqqPoker

    Link Alternatif :
    - www.legendaqq(dot)net
    - www.legendaqq(dot)org
    - www.legendapelangi(dot)com
    NB : untuk login android / iphone tidak menggunakan www dan spasi ya boss ^_^

    ReplyDelete

Powered by Blogger.