PENGERTIAN DAN CONTOH RIYA JALI, RIYA KHAFI, NIFAQ I’TIQADI, DAN NIFAQ ‘AMALI

1. RIYA JALI (RIYA TERANG-TERANGAN)

 
 Riya Jali  adalah seseorang beramal di hadapan orang lain, namun ketika bersendirian ia tdk melakukannya.

Contoh :
- Orang yang secara terang-terangan beramal atau memberikan hadiah untuk seseorang, tetapi dia ingin dipuji oleh orang lain.
- Seorang hamba beribadah dengan tujuan dan keinginannya ikhlas karena Allah, namun ketika manusia melihat ibadahnya maka ia bertambah giat dalam beribadah serta membaguskan ibadahnya. Ini termasuk perbuatan syirik tersembunyi.
Seorang hamba beribadah pada awalnya ikhlas karena Allah dan sampai selesai keadaannya masih demikian, namun pada akhir ibadahnya dipuji oleh manusia dan ia merasa bangga dengan pujian manusia tersebut serta ia mendapatkan apa yang diinginkannya (dunia, missal: dengan memperoleh kedudukan di masyarakat dll).

 
2. RIYA KHAPI (SAMAR-SAMAR)
Riya Khafi (riya yg tersembunyi) adalah seseorang beramal ibadah, baik ketika ada orang lain ataupun tidak, namun hatinya cenderung merasa senang jika amalnya diketahui oleh orang lain.
Contoh :
- Riya’ pada ucapan, misal orang yang memberat-beratkan suaranya.
- Riya’ dengan amalan.
- Riya’ dengan teman dan orang-orang yang mengunjunginya. Misal: Teman-teman/orang-orang yang mengunjunginya adalah para ustadz/ulama, maka ia menjadi bangga dan mengharap pujian dari hal tersebut.
- Riya’ dengan mencela dirinya dihadapan manusia.
- Seorang beramal dengan amal ketaatan dan tidak seorangpun mengetahuinya, ia tidak ingin tenar. Akan tetapi jika ia dilihat manusia, ia menginginkan diawali/dihormati dengan pengucapan salam.
- Menjadikan perbuatan ikhlasnya itu sebagai wasilah terhadap apa yang dia inginkan.

3. NIFAQ ‘AMALI (PERBUATAN)

Nifaq ‘amali adalah sifat melakukan sesuatu yang merupakan perbuatan orang-orang munafiq, tetapi masih ada iman di hatinya. Nifaq jenis ini tidak sampai mengeluarkan pelakunya dari agama islam, tetapi merupakan perantara kepada yang demikian. Pelakunya berada di dalam iman dan nifaq.

Contoh : 
- Malas dalam shalat berjama’ah di masjid terutama shalat isya’ dan subuh.

Orang yang bersifat Nifaq 'Amali biasanya bila dipercaya ia berkhianat, bila berbicara ia berdusta, bila berjanji ia mengingkari, bila bertikai ia berbuat curang.

4. NIFAQ I’TIQADI (KEYAKINAN)
Nifaq I'Tiqadi adalah sesorang menyembunyikan kekufuran dan menampakkan keislaman. Padahal hakikatnya tidak beriman.


Contoh :

- Mendustakan Rasulullah atau mendustakan sebagian dari apa yang beliau bawa.
- Membenci Rasulullah atau membenci sebagian apa yang beliau bawa.
- Merasa gembira dengan kemunduran agama Rasulullah.
- Tidak senang dengan kemenangan agama Rasulullah.
 
 
 

PENGERTIAN DAN CONTOH RIYA JALI, RIYA KHAFI, NIFAQ I’TIQADI, DAN NIFAQ ‘AMALI PENGERTIAN DAN CONTOH RIYA JALI, RIYA KHAFI, NIFAQ I’TIQADI, DAN NIFAQ ‘AMALI Reviewed by bisnisrumahq.blogspot.com on Wednesday, April 20, 2016 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.